Ratusan Pelaku Industri Tenun Tradisional Gulung Tikar – strategi.id
Merah Putih

Ratusan Pelaku Industri Tenun Tradisional Gulung Tikar

Strategi.id - pembuat kain tenun gulung tikar

Strategi.id – Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI) menilai industri tenun tradisional saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Tak sedikit pelaku industrinya yang akhirnya gulung tikar dan beralih profesi.

Pihaknya juga menjelaskan industri tenun tradisional dalam negeri saat ini digempur produk impor. Kondisi tersebut bisa mematikan industri dalam negeri.

Lantas bagaimana kondisi industri tersebut?

Ketua Umum KTTI Tengku Ryo Rizqan menjelaskan banyaknya industri pelaku industri kain tenun tradisional karena daya beli masyarakat yang tidak begitu bagus, sementara harga kain tenun tradisional tidak murah.

“Pertama ekonomi, jadi daya beli, karena tenun tenun tradisional ini nggak murah ya. Jadi karena pembuatannya juga satu kain bisa 1-2 bulan ya. Jadi tentu kemudian ini jadi satu kendala,” jelasnya saat ditemui di Museum Tekstil, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

baca juga : Rahasia Penduduk Jepang Bisa Hidup Bahagia dan Berumur Panjang, coba yukk

Dia mengatakan, harga kain tenun tradisional yang paling murah adalah Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Di samping itu, keterbatasan akses ke calon pembeli juga jadi kendala. Itu disebabkan minimnya pemahaman soal teknologi untuk memasarkan produknya secara online.

“Kebanyakan penenun tradisional juga, nggak semua ya, tapi sebagian besar tidak ikut dalam perkembangan teknologi, cara menjualnya, cara apa segala macam,” jelasnya.

Pada akhirnya banyak yang gulung tikar. Menurut pengalamannya, ada penenun tradisional yang terpaksa berhenti beroperasi. (btw/is)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top