RSU Cempaka dilengkapi Listrik Tenaga Surya - strategi.id
Teknologi

RSU Cempaka dilengkapi Listrik Tenaga Surya

TribunNews.com

Strategi.id – RSU Cempaka dilengkapi Listrik Tenaga Surya. Bangunan Rumah Sakit Umum Cempaka (RSLUCL) yang akan dibangun akan dilengkapi dengan Solar Panel, yaitu Pembangklit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memanfaaatkan matahari untuk memenuhi sebagian tenaga listrik di Rumah Sakit tersebut.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Cempaka Lima yang berlokasi di Jalan Politeknik Aceh, Beurawe, Banda Aceh, Selasa (3/7). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Direktur RSUZA Banda Aceh Azharuddin, anggota DPRK, sejumlah kepala SKPK, dan perangkat Gampong Beurawe dan Lambhuk.

Aminullah menyampaikan, keberadaan RS bertaraf internasional ini akan memberi multiplier effect bagi Banda Aceh. Selain meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, juga diharapkan dapat menekan jumlah warga kota yang berobat ke luar daerah atau luar negeri.

Abdullah Harlansyah menyebutkan RSUCL akan dibangun dengan lima lantai yaitu :

  • Pada lantai pertama merupakan Lobi dan Poliklinik.
  • Pada lantai kedua Emergency floor yang terdapat ruang MRI, CT Scan, X-Ray, USG, serta poliklinik non BPJS.
  • Lantai ketiga merupakan ada ruang operasi yang terdiri dari atas lima ruang, ICU, Recovery room.

Untuk ruang ICU nya dipisah antara Anak-anak, bayi dan orang tua, “ katanya.

  • Sementara di lantai empat dan lima merupakan ruang perwatan yang terdiri atas lebih kurang 40 ruang.

Direktur PT Cempaka Lima Medika, Kartini Nyak Itam menambahkan RSUCL akan menampung tenaga kerja lebih kurang 400-500 orang dari berbagai disiplin ilmu. Insha Allah dalam pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja, kami akan memprioritaskan kepada masyarakat yang berdomisili di kota Banda Aceh,” ujarnya.

Dikatakan RSUCL akan memberikan pelayanan kesehatan 24jan, serta juga melayani BPJS. Dalam peresmian peletakan batu pertama RSUCL ini selain dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Direktur RSUZA Banda Aceh, Azharudddin, serta sejumlah kepala SKPK dan perangkat des gompong Beurawe dan Lambhuk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top