Sandi Minta Maaf Melangkahi Makam Pendiri NU – strategi.id
Nusantara

Sandi Minta Maaf Melangkahi Makam Pendiri NU

Sandi Minta Maaf Melangkahi Makam Pendiri NU
Foto: 20Detik

Strategi.id – Cawapres Sandiaga Uno menyampaikan permohonan maaf karena melangkahi makam tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri.

Sebelumnya dalam sebuah video yang viral di media sosial, Sandiaga yang tampak mengenakan sarung dan berkopiah hitam, awalnya sedang menabur bunga di makam tersebut. Sandi lalu melangkah untuk berpindah ke makam disampingnya.

Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Nasyirul Fallah Amru mengatakan, apa yang dilakukan Sandiaga Uno saat menabur bunga itu dinilai melanggar norma dan etika.

“Secara etika, Sandiaga Uno melanggar unggah-ungguh kita. Masyarakat NU tersinggung karena makam ulamanya dilangkahi. Itu lah akibatnya kalau pemimpin tidak paham kultur politik bangsanya,” kata Nasyirul dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/11/2018).

Menurut dia, seseorang harus menjaga etika ketika berziarah atau menabur bunga di makam leluhur. Maka itu, dia menyayangkan jika Sandiaga tidak mengetahui adab ziarah hingga tega melangkahi makam KH Bisri Syansuri tanpa perasaan bersalah.

Pria yang akrab disapa Gus Falah itu menambahkan, dalam sebuah hadits diriwayatkan, sesungguhnya seseorang yang duduk di atas bara api, lalu membakar pakaian hingga menyisakan kulitnya lebih baik baginya daripada duduk di atas sebuah kuburan.

Permintaan maaf Sandi

Sandiaga mengaku, setiap kali berziarah, selalu ada orang yang memandunya. Namun Sandiaga tak mau menyalahkan pihak lain.

“Dan dalam ziarah tersebut, tadi juga ada ziarah kubur, di sini juga ada pemandunya. Dan tanpa mau menyalahkan siapa-siapa, saya harus berani mengambil risiko ini bahwa kesalahan ada di saya,” ujar dia, seperti dilansir detik.com.

“Oleh karena itu kesalahan saya, saya mohon maaf. Dan tentunya manusia penuh khilaf, penuh salah. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf,” imbuh Sandiaga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top