Seberapa Cepat Kereta Api Yang Ada di Indonesia – strategi.id
Kabar Baik

Seberapa Cepat Kereta Api Yang Ada di Indonesia

strategi.id- Seberapa Cepat Kereta Api Yang Ada di Indonesia

Strategi.id- Transportasi umum jalur darat menjadi salah satu moda transportasi yang paling digemari masyarakat Indonesia. Selain karena biaya yang terjangkau, akses menuju tempat keberangkatan juga lebih mudah dan mungkin juga faktor seberapa cepat moda trasportasi yang anda naiki tersebut.

Ada tiga opsi untuk menempuh perjalanan luar kota memakai jalur darat, yaitu bis, mobil travel, dan kereta api. Dari ketiganya, kereta api dinilai menjadi pilihan yang paling efisien, karena kecepatan waktu tempuhnya.

Apabila kita lihat target rencana kereta cepat jakarta Bandung yaitu yang mampu menembus kecepatan 350 Km/jam memang sangat menyingkat waktu tempuh dalam melakukan perjalanan.  Untuk Kereta Kecepatan Tinggi yang telah melayani umum, rekor Kecepatan tertinggi dipegang oleh Shanghai Maglev China, kecepatan tertingginya adalah 431km/jam. Urutan kedua untuk Kereta Tercepat di Dunia adalah kereta cepat Harmony CRH 380H dengan kecepatannya mencapai 380km/jam. Sedangkan posisi ketiga Kereta Tercepat di Dunia ditempati oleh AGV Italo yang dimiliki oleh Italia dengan kecepatan 360km/jam. AGV Italo juga merupakan Kereta Tercepat di Eropa saat ini.

Berbicara tentang waktu tempuh, tahukah kamu kereta api apa yang tercepat di Indonesia? Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat daftar di bawah ini, yang berisi nama kereta serta kecepatan rata-ratanya seperti yang di lansir oleh GoodNewsFromIndonesia seberapa cepat kereta api yang ada di Indonesia

Strategi.id- Argo Parahyangan Di Tikungan Padalarang ( foto : istimewa)

Strategi.id- Argo Parahyangan Di Tikungan Padalarang ( foto : istimewa)

Argo Parahyangan: 55.3 Km/jam

Kereta api jurusan Gambir-Bandung PP ini menempuh jarak 166 kilometer, dengan waktu tempuh tercepat 3 jam 9 menit. Merupakan kereta api dengan kelas Argo tertua, kecepatan Argo Parahyangan rata-rata mencapai 55,3 Km/jam.

Argo Wilis: 58.25 Km/jam

Di atas Argo Parahyangan, ada Argo Wilis yang menempuh perjalanan dari Bandung-Surabaya PP. Perjalanan yang memakan waktu sekitar hampir 12 jam, rata-rata kecepatan yang dicapai Argo Wilis adalah 58,25 Km/jam.

Argo Dwipangga: 67.1 Km/jam

Kereta ini melayani perjalanan dari Gambir ke Solo Balapan PP. Dengan kecepatan rata-rata mencapai hampir 70 Km/jam, Argo Dwipangga dapat menyelesaikan perjalanan dengan total wakt sekitar 8,5 jam.

Argo Lawu: 67.1 Km/jam

Setara dengan Argo Dwipangga, Argo Lawu juga memiliki stasiun keberangkatan dan tujuan yang sama. Bedanya adalah Argo Lawu berangkat dari Gambir di malam hari dan kembali dari Solo esok paginya, sedangkan Argo Dwipangga kebalikannya.

Argo Sindoro: 76.6 Km/jam

Butuh transportasi cepat jalur darat dari Semarang ke Jakarta atau sebaliknya? Argo Sindoro salah satu opsinya, dengan waktu tempuh hanya sekitar 6 jam! Harganya juga relatif terjangkau, dengan biaya berkisar Rp 300 ribu.

Argo Muria: 76.6 Km/jam

“Hubungan” antara Argo Muria dengan Argo Sindoro sama dengan Argo Dwipangga dan Argo Lawu. Argo Muria juga menempuh rute Gambir ke Semarang Tawang PP, dengan keberangkatan pagi dari Gambir, lalu kembali dari Semarang sore harinya.

Argo Bromo Anggrek: 80.5 Km/jam

Inilah kereta api lawas yang sampai sekarang masih jadi kebanggaan Daop VIII Surabaya! Dengan rute Gambir ke Surabaya Pasar Turi PP, Argo Bromo Anggrek hanya butuh waktu perjalanan 9 jam!

Strategi.id- KA Argo Jati memasuki peron Stasiun Gambir

Strategi.id- KA Argo Jati memasuki peron Stasiun Gambir

Argo Jati: 139 Km/jam

Akhirnya tibalah kita ke kereta api dengan waktu tempuh tercepat. Dialah Argo Jati, yang mengantar penumpang dari Gambir ke Cirebon. Dengan waktu tempuh tak sampai 3 jam, Argo Jati jadi opsi menarik selain KA Cirebon Express

Sumber: Kereta-Api.infokai.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top