Selamat Hari Bhayangkara dan Hari Bhakti POLRI - strategi.id
Nusantara

Selamat Hari Bhayangkara dan Hari Bhakti POLRI

Strategi.id – Sehari menjelang Hari Bhayangkara dan Bhakti POLRI, Pengamat Kepolisian. Irjen. Pol. (Purn) Sisno Adiwinoto mengingatkan kembali peristiwa bersejarah bagi insan Bhayangkara.

“besok Hari Ulang Tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) ke-74, yang kemudian diresmikan sebagai Hari Bhayangkara ke-74 (tanggal 1 juli 1946 – 1 Juli 2020), dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) ke-75 (tanggal 17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2020).” Ungkapnya dalam pernyataan tertulis kepada wartawan, Selasa (30/06/20).

Dari cerita singkat itu, Staf Ahli Kapolri itu mengutarakan suatu pertanyaan untuk direnungkan, “mengapa NKRI sudah berusia 75 tahun dan POLRI berusia 74 tahun? Apakah dalam tenggat waktu 17 Agustus sampai dengan 1 Juli 1945 NKRI tidak punya polisi?”.

Berkisahlah Sisno dalam pernyataan tertulis yang diterima wartawan, “sekilas ternyata begini sejarahnya, setelah Proklamasi 17 Agustus 1945 pada tanggal 21 Agustus 1945 Almarhum Bapak Inspektur Polisi Yasin dengan gagah berani mengubah nama Tokubetsu Keisatsu Tai (Polisi Jepang) menjadi Polisi Istimewa dan tunduk pada Pemerintah Negara Republik Indonesia yang baru merdeka beberapa hari.”

Lebih lanjut dia mengisahkan, ketundukan polisi Istimewa kepada pemerintahan Republik Indonesia, dibuktikan dengan kesetiaan dan baktinya pada Negara dan Bangsa Indonesia. Dalam perjalanannya di awal kemerdekaan dan revolusi fisik/perang, banyaknya anggota Polisi Istimewa yang ikut gugur dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia bersama-sama dengan kekuatan rakyat lainnya, menjadi bukti nyata kesetiaan itu.

“Palagan yang mengakibatkan gugurnya Polisi Istimewa adalah pada saat peristiwa 10 Nopember 1945 , Palagan Ambarawa dan lain-lain yang bisa dilihat dalam Sejarah Polri” ujarnya.
Lebih lanjut Sisno menginformasikan, untuk mengenang serta sebagai penghormatan kepada anggota Polisi Istimewa/POLRI yang telah gugur tersebut, sangat tidak berlebihan bila tanggal (21/8/1945) ditetapkan sebagai Hari Bhakti Polri atau Hari Juang Polri.

Peringatan itu bertujuan untuk mengenang dan sebagai penghormatan bagi anggota Polisi Istimewa/POLRI yang telah gugur dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagaimana juga telah ada Hari Juang TNI AD, Hari Bhakti TNI AU, Hari Kebaktian Kereta Api dan lain-lain.

“Dan tanggal 1 Juli 1946 adalah diputuskannya Kepolisian Republik Indonesia duduk dibawah Perdana Menteri yang kemudian diresmikan menjadi HARI BHAYANGKARA POLRI seperti sekarang ini. Selamat Hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020”, pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top