Selamat Jalan Bapak Integritas - strategi.id
Dialektika

Selamat Jalan Bapak Integritas

Strategi.id - Selamat Jalan Bapak Integritas

Strategi.id – Gus Sholah.. itulah sebutan dari seorang Tokoh Kharismatik yang mendapatkan julukan sebagai Bapak Kejujuran, Bapak Keikhlasan dengan penuh dedikasi tinggi menolong siapapun tanpa pamrih. Beliau adalah KH Salahuddin Wahid, Putra keenam dari Almagfurlah KH Wahid Hasyim dan cucu dari Hadratussekh KH Hasyim Asy’ari Pendiri Nahdlatul Ulama.

Senin 9 Jumadil Akhir 1441 Hijriyah adalah hari pemakaman Gus Sholah sebagai tempat peristirahatan terakhir Beliau setelah berjuang panjang untuk melewati masa-masa sulit menghadapi penyakit jantung yang dideritanya.

Saya (baca: Penulis) mempunyai jutaan kenangan bersama Almarhum, bahkan tulisan ini tidak akan cukup untuk menampung berapa banyak kenangan saya bersama Almarhum Almagfurlah Gus Sholah. Mulai sejak kenal Beliau tahun 1999 disaat itu saya diundang oleh Cak Slamet, salah satu Pengurus Ansor Jawa Timur ketika itu, untuk menghadiri diskusi tertutup dan terbatas bersama Alm Gus Sholah dikantor PWNU Jawa Timur.

Dari sanalah saya intensif berkomunikasi dengan Gus Sholah sampai akhirnya saya merasa bahwa Beliau sangat memperhatikan saya, bukan hanya pada karir saya, tetapi masa depan saya pun tak luput dari perhatian Beliau.

Pelajaran yang sangat berharga buat saya dari Almarhum Gus Sholah adalah; Pentingnya Kejujuran, Keikhlasan dan tidak reaktif dalam menyikapi setiap persoalan yang muncul pada diri kita dan lingkungan kita.

Beliau menghabiskan hidupnya sebagian besar untuk menolong orang lain tanpa pamrih, tanpa bisyaroh, tanpa berhitung apapun, bahkan 14 (empat belas) hari sebelum meninggal, tepatnya dihari Sabtu tgl 18 Januari 2020 saya bersama rekan bisnis saya rombongan Pengusaha yang sedang mencari Keadilan di Negeri ini karna menghadapi residivis kakap bernama Riska Mawarsari, pun Almarhum Gus Sholah masih menyampaikan kalimat; Apa yang bisa saya bantu ? Begitulah ucapan terakhir yang saya dengar dari Beliau sebelum akhirnya Beliau meninggal dunia diusia 77 tahun.

Jutaan Do’a mengiringi kepergian KH Salahuddin Wahid Bin KH Wahid Hasyim, semoga Beliau diberikan tempat paling indah bersama Sang leluhur disisi Alloh swt. Husnul Khotimah, berkain kafan Amal Jariyah. Aaamiin Yaa Robbal Aalamiin..

Penulis: Oleh: M Husni Mubarok-MHM (Salah satu orang dekat Gus Sholah).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top