Selesai 100 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilewati saat Libur Natal - strategi.id
Infrastruktur

Selesai 100 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilewati saat Libur Natal

Strategi.id - Selesai 100 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilewati saat Libur Natal
Strategi.id - Selesai 100 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilewati saat Libur Natal

Strategi.id Jalan Tol Trans Jawa ruas Siwaka, Kabupaten Pemalang hingga Pasekaran, Kabupaten Batang, Jawa Tengah siap dioperasionalkan untuk dilalui kendaraan pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Pimpinan Proyek PT Waskita Karya Pemalang-Batang Toll Road (PBTR) Aminuddin mengatakan, progres fisik pembangunan Jalan Tol Pemalang-Batang hingga saat ini sudah mencapai sekitar 95 persen. “Di luar paket 3, semua pengerjakan jalan tol (Pemalang-Batang) sudah hampir selesai 100 persen. Jalur Tol Pemalang-Batang ini ditargetkan selesai total Mei 2019,” kata Aminuddin, Rabu (12/12/18).

baca juga : Joko Widodo Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I

Dia mengatakan belum selesainya di paket 3 tersebut karena adanya permasalahan pembebasan lahan milik warga Kecamatan Bojong, Kabupaten Pemalang. “Belum selesainya pada paket 3 ini berhubungan dengan pembangunan exit di Bojong dan persoalan pembebasan lahan. Namun, untuk paket 1, 2, dan paket 4 sudah hampir selesai 100 persen,” katanya. 

Secara rinci, kata dia, paket 1 meliputi jalur tol Siwaka Kabupaten Pemalang hingga Pasekaran Kabupaten Batang, kemudian paket 2 sepanjang 11,85 kilometer, paket 3 sepanjang 17,80 kilometer meliputi KM.341-580 hingga KM. 359-660, dan paket 4 meliputi Pekajangan Kabupaten Pekalongan hingga Pasekaran Kabupaten Batang.

Aminuddin mengatakan, jalur tol Pemalang-Batang sudah dipastikan bisa dilalui kendaraan saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 karena ruas tol tersebut sudah hampir selesai, bahkan untuk paket 4 sudah selesai 100 persen. “Kami pastikan saat libur Natal dan Tahun Baru dapat dilalui kendaraan dengan lancar, termasuk kesiapan sarana pendukung lainnya, seperti lampu penerangan jalan sudah nyala,” katanya.

baca juga : Pembangunan Tol Pertama Di Aceh Segera Dimulai

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menyebut sisa penggalan ruas tol Trans Jawa yang melintas di provinsi ini rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20/12/18. “Tol dari Jakarta-Surabaya sudah tersambung, 20 Desember rencananya diresmikan presiden,” kata Sri Puryono.

Dua penggalan tol yang dalam tahap akhir penyelesaian masing-masing ruas Semarang-Batang dan Salatiga-Kartasura. Menurut dia, sejumlah ruas tertentu di jalan tol yang sudah selesai pembangunannya bahkan sudah difungsikan dan masih gratis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top