Seminar Roof Top Pv dan Pameran Bersama INDOSOLAR – strategi.id
Nusantara

Seminar Roof Top Pv dan Pameran Bersama INDOSOLAR

strategi.id – Seminar Roof Top Pv dan Pameran Bersama INDOSOLAR. Kamis, 12 Juli 2018 INDOSOLAR mengadakan seminar bertemakan ” Tantangan dan Peluang Pengembangan Energi Surya Atap (Roof Top PV) Untuk Mencapai 1000 MWP Pada Tahun 2025 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Delapan pembicara turut terlibat dalam seminar yang diselenggarakan oleh Indosolar diantaranya Ir. Rida Mulyana, Msc (Dirjen Energi Baru terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM), Hendra Iswahyudi (Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM), Ganda Yudha (General Manager PT LEN), Rinaldy Dalimi (Anggota Dewan Pembina AESI), Nur Pamuji (Ketua Dewan Pakar AESI), Eddie Widiono (Ketua Dewan Pembicara AESI), dan Harris Yahya (Direktur Aneka EBT. Dirjen EBTKE Kementrian ESDM).

Seminar di bagi menjadi tiga sesi, sesi pertama bertemakan “Prospek, Kebijakan dan Regulasi Pemanfaatan Pembangkit Listrik Surya Atap” dengan moderator Rm Soedjono Respati, Anggota Dewan Pembina AESI.

Sesi kedua bertemakan “Pengalaman dalam Pemanfaatan Solar Rooftop di Indonesia” dengan Moderator Ir. Maritje Hutapea, Wakil Ketua Dewan Pakar AESI”.

Sesi terakhir bertemakan “Pengalaman Penyedia Teknologi Surya Atap dan Hybird” dengan moderator Marlistya Citraningrum, PhD, AESI/IESR.

INDO SOLAR EXPO 2018 digelar di Jakarta International Kemayoran Expo, 11-13 Juli 2018.

Selain seminar, pameran INDO-SOLAR Expo pun turut diselenggarakan pada 11-13 Juli 2018, pameran yang didukung Asosiasi Energi Surya Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Acara ini menampilkan suplai produk, teknologi, dan jasa di sektor industri energi terbarukan khususnya teknologi photovoltaic dan solar-thermal.

Sesuai Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), kontribusi solar PV ditargetkan mencapai 6,4 GW pada 2025, yang terdiri dari sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) skala besar, solar home system (SHS), dan solar PV rooftop.

Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah tersebut maka perlu dilakukan inventarisasi potensi pemanfaatan energi surya baik dari dalam maupun luar negeri. Pameran INDO-SOLAR Expo sekaligus menjadi ajang promosi produk-produk photovoltaic dan solar-thermal.

Pada pameran mengundang pihak pemerintah, Real Estate Indonesia (REI), para pengembang properti, para perekayasa desainer aplikasi PV, serta stake-holder terkait lainnya. Sehingga diharapkan serapan dan pemanfaatan produk photovoltaic dan solar thermal akan dapat ditingkatkan secara maksimal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top