Serangan Kubu Prabowo-Sandi, Untungkan Jokowi-Ma’ruf – strategi.id
Nusantara

Serangan Kubu Prabowo-Sandi, Untungkan Jokowi-Ma’ruf

Strategi.id - Serangan Kubu Prabowo-Sandi, Untungkan Jokowi-Ma'ruf (sumber photo : netralnews.com)
Strategi.id - Serangan Kubu Prabowo-Sandi, Untungkan Jokowi-Ma'ruf (sumber photo : netralnews.com)

Strategi.id – Serangan tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon) 02, Prabowo-Sandiaga terhadap Paslon 01, Joko Widodo-Ma’aruf Amin justru menguntungkan Paslon 01. Sebab sebagian besar serangan tersebut merupakan hoaks yang tidak sesuai demgan fakta sesungguhnya.

Hal ini dikatakan Pengamat Politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) Maksimus Ramses Lalongkoe.

Baca Juga : Fakta Persiapan Debat Pilpres Perdana 17 Januari 2019

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta. Berbagai serangan beruntun yang dialamatkan kepada Jokowi akhir-akhir ini tidak cukup menggerus elektabilitas pasangan nomor urut 02. Apalagi serangan-serangan itu tidak didasari data dan fakta sosial.

“Kalau saya mencermati kebanyakan serangan timses paslon 02 tidak didukung fakta dan data. Akibatnya serangan tersebut justru meningkatkan elektabilitas paslon 01. Serangan-serangan itu juga tidak mampu menggerus elektabilitas paslon 01 bahkan sangat menguntungkan paslon 01,” kata Ramses kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/1/19).

Lebih lanjut Ramses menjelaskan, jika kredibilitas komunikator buruk maka segala omongan dari mulutnya tidak dapat dipercaya dan cenderung asal bicara.

Baca Juga : Melawan Politik Ketakutan

Untuk itu ia menyarankan agar tim paslon 01 mengabaikan serangan yang dilayangkan kubu Prabowo Subianto, terutama serangan yang kurang rasional dan terus menyampaikan metode kontra propaganda positif kepada masyarakat sehingga masyarakat pemilih teredukasi.

“Dalam teorinya bila kredibilitas komunikator buruk maka segala omongan dari mulutnya tidak dapat dipercaya dan cenderung asal bicara. Maka saya sarankan tim paslon 01 mengabaikan serangan yang dilayangkan kubu 02, apalagi serangan yang kurang rasional dan terus sampaikan metode kontra propaganda positif kepada masyarakat sehingga pemilih dan publik luas teredukasi,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top