Seren Taun “Republik Punya Gue” – strategi.id
Nusantara

Seren Taun “Republik Punya Gue”

Strategi.id – Dunia telah banyak berubah, banyak hal yang bermetamorfosis. Era kemajuan teknologi telah melahirkan Generasi Milenia Namun Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jendral (Purn) Moeldoko mengatakan jangan sampai perubahan tersebut mencabut akar kebudayaan kita.

Moeldoko memuji Upacara Adat Seren Taun 2018 serta berterima kasih yang diselenggarakan oleh Masyarakat Adat Sunda Desa Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

“Saya mengucapkan terimakasih diadakan nya upacara adat Seren Taun ini dengan tema Memperkokoh Adat untuk Memperkuat Karakter Bangsa. Tema yang tepat, dalam menghadapi perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.” ujar Moeldoko saat menyampaikan sambutan dalam Acara Puncak Upacara Adat Seren Taun 2018 di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat, Senin (3/9/18).

Moeldoko menambahkan jangan sampai nilai-nilai lama yang kita miliki ditinggalkan, nilai-nilai baru hilang. Kita seolah kehilangan pegangan. Moeldoko juga mengatakan “setelah reformasi, bangsa ini seolah alergi bicara soal Pancasila”.

Sarbini  Aktivis FKSMJ ’98 dan pengamat kebijakan pemerintah ditempat yang sama mengingatkan agar generasi muda Indonesia jangan sampai bangsa Indonesia meninggalkan Pancasila yang di dalamnya menjunjung tinggi semangat gotong royong.

“Upacara seren taun ini mengingatkan kembali kepada kita untuk menjaga kebhinekaan sebagai fondasi dalam hidup berbangsa dan bernegara” ujar Sarbini.

Persoalan Bangsa ini adalah bagaimana kita mampu menghargai perbedaan dan memaksimalkan perbedaan itu sebagai potensi dari anak bangsa untuk membangun negeri ini.Bila kita boleh meminjam istilah Generasi milenia  “Republik Punya Gue” maka persoalan Bangsa ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menuntaskannya tegas Sarbini.

Seolah mengamini apa yang dikatakan Sarbini, Moeldoko pun menambahkan jika kita hanya mempermasalahkan perbedaan juga bicara soal minoritas dan mayoritas, maka pembangunan Bangsa Indonesia tidak akan berjalan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top