Siapa Yang ‘Kebangetan’, Kaesang Atau Keluarga Felicia - strategi.id
Dialektika

Siapa Yang ‘Kebangetan’, Kaesang Atau Keluarga Felicia

Strategi.id - Siapa Yang ‘Kebangetan’, Kaesang Atau Keluarga Felicia

Strategi.id – Pangarep tampaknya memang tak pernah sepi dari perhatian publik.

Bagaimana tidak, sebagai putra bungsu orang nomor satu di Indonesia, tampaknya membuat Kaesang Pangarep juga tak luput dari perbincangkan.

Ya, segala gerak-gerik Kaesang Pangarep tampaknya selalu menarik untuk dibahas.

Kisah asmaranya pun juga tak luput dari perhatian menjadi perbincangan hangat di media sosial pasca putus dengan Felicia Tissue setelah lima tahun berpacaran.
Di awali dari kemarahan ibu dari Felicia yang menyebut Kaesang tiba-tiba menghilang dari hubungan alias ghosting. Lebih serius lagi, kakak Felicia lewat YouTube menuduh pengusaha SangPisang itu selingkuh sehingga adiknya begitu menderita.

Di Instagram, @meilia_lau, ibunda Felicia, mengunggah sebuah foto bersama putrinya dan Kaesang. Dia juga menuliskan bahwa Kaesang pernah berjanji untuk menikahi anaknya pada Desember 2020. Tapi ternyata Kaesang disebut menghilang pada Januari 2021.

Pada unggahan itu, ibunda Felicia juga me-mention akun Jokowi. Dilihat, Minggu (7/3/2021), ada tiga unggahan Meilia yang me-mention akun Jokowi.

Hari ini, Kaesang mengklarifikasi semua tuduhan yang tertuju kepada dirinya dalam sebuah video wawancara singkat.

Berikut kronologis lengkap yang dihimpun tim Strategi.id, Senin (8/3/21).

Melalui akun Instagramnya @meilia_lau, ia mengungkap curahan hati mengenai hubungan sang anak yang kandas dengan Kaesang. Ia menyebut bahwa sebenarnya Kaesang berjanji akan menikahi anaknya pada Desember 2020.

“Sekedar mengingatkan… Janji pertama di thn 2017 kerumah Eyang yg dia panggil Amah in chinese. Didepan meja sembahyang Papa saya saat itu. Janjinya akan menjaga anak saya @kaesangp dan 4 thn di Singapura dia tdk punya siapa2 sendirian saya yg menjaga kamu, @jokowi begitu selesai kuliah balik indonesia dan ada Pandemic 1 thn. Janjinmu akan menikah dgn anak sy.di bln des 2020. Saya ada buktinya semua yah,” tulis Meilia.

“Anak saya menunggu dgn hati setianya. Di bln jan di tgl 13 -2021 katanya dirinya kok kaya aneh. Dan dia menghilang! Kami hanya bingung ada apaaaaaa.

Tidak hanya itu, dalam postingan Sabtu (6/2/2021), ia sempat menyinggung soal peran besar anaknya dalam membantu Kaesang selama kuliah di Singapura.

“Anakku membawanya sampai lulus kuliah. Hidup dalam kesederhanaan naik MRT naik bus biasa saja. Merintis usaha bersama diawal thn 2017 dibimbing oleh kakaknya bagaimana menjadi wiraswasta yg berhasil mulai dari 0. Anakku sdh berjanji bahwa dia @kaesangp akan membawa ijazah balik ke Indonesia. Janji itu diucapkan didepan Ibu dan Bapak @jokowi krn permintaan dari Ibu nya kpd Felicia anakku. Dan Felicia telah membuktikannya tanpa pamrih!” tulis Meilia.

Ia bahkan terang-terangan mengungkap wanita yang membuat anaknya diputus Kaesang. Meilia menyebut kekecewaanya pada Nadya Arifta yang merupakan karyawan Kaesang dengan Felicya dalam Insta Stories.

“Nadya km itu sy pikir akan menjaga anakku dan pacarnya yg sdh 5 tahun, Kamu yg sering sy puji sbg MC, ternyata hatimu lebih dari harimau yah. Bilang pacar baru-mu itu kembalikan kunci mobil anak sy dan STNk nya. Maluuu lah @nadrifta,” tulis Meilia.

Sikap ghosting atau menghilangnya Kaesang Pangarep disayangkan keluarga Felicia Chu atau Felicia Tissue. Kakak dari Felicia Tissue, Daryl, menyebut adiknya diselingkuhi.

Amarah Daryl tumpah dalam video “Treating Women with Dignity and Respect” yang diunggah di kanal YouTube Felicia Tissue, Minggu (07/03/21). Januari bulan kelabu buat Feli.

“Sebagai wanita yang setia dan berkomitmen pada pria yang ia percaya, Felicia telah ditinggalkan tanpa kejelasan, selain bukti nyata bahwa ia diselingkuhi secara emosional maupun spiritual,” ungkap Daryl di sebuah video YouTube yang diunggah akun Felicia Tissue.

Daryl mengaku sudah lama mengenal Kaesang Pangarep. Ia pun sedih atas yang terjadi kepada adiknya.

“Lelaki yang saya percayakan adik saya ini telah berkali-kali meminta restu orang tua maupun kakek-nenek saya, dan baru-baru ini melamar adik perempuan saya ini pada Desember 2020,” paparnya.

Kepergian Kaesang tanpa kabar disebut Daryl terjadi sejak awal 2021. Ia mengatakan sang adik sebenarnya sudah berusaha untuk menghubungi Kaesang.

“Dia mencoba menghubungi tantenya (Kaesang), kakak iparnya, bahkan ayahnya (Presiden Jokowi) melalui DM, tapi tidak berhasil. Saya tak bisa membayangkan, betapa tersiksanya dia,” ia menyambung.

“Pada Januari 2021 kemudian lelaki ini menghilang setelah memberi tahu adik saya melalui surat tertulis bahwa ayahnya telah setuju. Adik saya heran dan kebingungan. Adik saya berkali-kali mencoba menghubunginya namun tidak berhasil. Kemudian adik saya berusaha menghubungi bibi pria ini, kakak
iparnya, bahkan ayahnya, melalui dm instagram, tapi tidak ada respon,” paparnya.

*Isu Putus dan Ghosting*

Kaesang Pangarep, akhirnya berbicara soal ramainya isu putus dan ghosting terhadap Felicia Tissue. Kaesang mengatakan sudah mengakhiri hubungannya dengan Felicia.

Ramainya pemberitaan dan amarah Daryl direspons Kaesang Pangarep dalam video ringkas yang beredar di kalangan jurnalis, Senin (8/3/2021). Ia menilai kandasnya hubungan dengan Felicia masalah pribadi. Publik tak perlu tahu.

“Itu kan masalah pribadi toh, masalah pribadi, kok ngapain diumbar-umbar. Enggak etis. Aku sebenarnya itu sudah ngomong untuk mengakhiri hubungan ini di pertengahan bulan Januari,” ujar bintang film Cek Toko Sebelah.

“Jadi gini, Mas, aku sebenarnya sudah ngomong untuk mengakhiri hubungan ini di pertengahan Januari, dan di waktu itu juga aku dimaki-maki,” kata Kaesang dalam sebuah video, Senin (8/3/2021).

“Tapi yowis lah aku diem aja,” imbuhnya.

Dalam video pernyataan Kaesang soal hubungannya dengan Felicia. Dalam video tersebut, Kaesang, yang berkaus kuning, tampak diwawancara oleh seseorang.

Kaesang sebenarnya enggan berbicara soal masalah asmaranya dengan Felicia. Namun pewawancara merasa Kaesang perlu meluruskan informasi yang beredar luas. Dia juga tak bicara panjang. Di ujung video yang berdurasi 56 detik ini, setelah mengatakan ‘Yowis lah aku diem aja’, Kaesang tampak beranjak meninggalkan wawancara.

Putus hubungan Kaesang dan Felicia ini jadi heboh di media sosial. Kehebohan terjadi karena Ibu Felicia me-mention akun media sosial Presiden Jokowi dalam curhatnya di media sosial

Terlepas dari pro kontra, motivasi atau drama ala Drakor yang disuguhkan ini, terdapat suatu aturan yang spesifik dibuat untuk kondisi semacam ini, dimana media sosial dipakai menjadi ajang meluapkan perasaan dan emosi yang dapat menyebar dengan cepat dan berdampak masif. Dimana, mungkin saja isi luapan perasaan dan emosi tersebut melanggar etika dan norma sosial dan kurang etis untuk dilakukan.

Aturan tersebut merujuk pada UU ITE Pasal 27 ayat (3) yang menyebut: melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Dimana sanksi yang diancamkan bagi pembuatnya terdapat pada Pasal 45 UU ITE, yaitu ayat (1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Namun yang menarik Felicia Tissue dan keluarganya merupakan Warga Negara Asing (WNA) Singapura. Jadi, peristiwa ini menjadi sebuah temuan baru bagi penegakkan aturan UU ITE dalam konteks penggunaan media sosial sebagai media untuk meluapkan kemarahan sesuai dengan tujuan UU ITE ini dibuat.

Tentu saja, UU ITE adalah upaya terakhir, karena yang paling utama dalam hal ini adalah mempertanyakan kembali rasa cinta antara Kaesang dan Felicia yang telah terjalin selama 5 tahun lamanya.

Berdasarkan data Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) , sudah terdapat sekitar 323 laporan ke penegak hukum terkait UU ITE sejak 2008.

Meski demikian, jumlah laporan tersebut tak merepresentasikan orang yang berurusan dengan UU ITE seluruhnya. Sebab terdapat seseorang yang dilaporkan terkait UU ITE lebih dari sekali.

Namun apakah kasus Kaesang dan Keluarga Felicia menjadi pelaporan baru, kira kira siapa yang ‘kebangetan’ melaporkan masalah percintaan kasus remaja yang sangat lumrah ini keranah hukum atau cukup berbalas pantun didunia media sosial saja.

Penulis: Antonius Danar (Direktur Strategi Institute).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top