Sidik Anggaran Mamin Setda Basel, Jaksa Sudah Kantongi Calon Tersangka – strategi.id
Nusantara

Sidik Anggaran Mamin Setda Basel, Jaksa Sudah Kantongi Calon Tersangka

Toboali, Strategi.id – Kepala Kejaksaan (Kejari) Bangka Selatan (Basel) Safrianto Zuriat Putra mengatakan pihaknya telah mengantongi nama calon tersangka kasus dugaan korupsi terkait nggaran makan dan minum (mamin) di Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Basel.

Kepada wartawan di aula kantor Kejari Basel, Selasa (31/1/2018) kemarin, Safrianto menyebut jajarannya masih mendalami lebuh jauh proses anggaran aliran uang dari anggaran mamin tersebut.

“Ini masih kita cari bukti – bukti lainnya kemana aliran dana kerugian tersebut. Yang akan kita minta pertanggungjawaban adalah sesuai tupoksinya dalam pelaksanaan atau kegiatan ini,” kata Safrianto yang  didampingi Kasi Pidsus Rudi Apriansyah.

Meski masih menunggu hasil perhitungan kerugian keuangan negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), jaksa telah menghitung sendiri kerugian sebesar Rp1,5 miliar dari anggaran Rp2,3 miliar. Temuan kerugian itu yang menjadi salah satu fokus jaksa saat ini. Kejari Basel dalam waktu dekat akan memeriksa 20 saksi.

Lebih jauh, mantan Kasi Pidsus Kejari Jakarta Selatan ini membenarkan pihaknya telah mengantongi nama-nama calon tersangka.

“Nama-nama sudah kita simpan karena masih menunggu keterangan saksi-saksi kembali untuk dikumpulkan bahan keterangan dan penyitaan terhadap dokumen–dokumen yang berhasil kita kumpulkan dan pelacakan hasil dugaan tipikor. Sedangkan dalam penetapan tersangka dalam status penyidikan selama 30 hari kerja dan akan diperpanjang 2 kali, yakni 90 hari kerja,” jelasnya.

Safrianto menambahkan, penyidikan kasus ini bukan berasal dari temuan BPK, melainkan dari laporan masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top