SIPANCA: Aplikasi Terbaru untuk Mengamalkan Pancasila – strategi.id
Kabar Baik

SIPANCA: Aplikasi Terbaru untuk Mengamalkan Pancasila

Strategi, SIPANCA: Aplikasi Terbaru untuk Mengamalkan Pancasila

Strategi.id – Pancasila, seringkali hanya diucapkan di kehidupan sehari-hari. Pancasila, kerap kali hanya berupa mata pelajaran tanpa bentuk nyata untuk diamalkan. Berawal dari fenomena itu, seorang guru Sekolah Dasar (SD) menciptakan sebuah aplikasi untuk membantu muridnya mengamalkan Pancasila.

SIPANCA nama aplikasinya, dan Yunina Resmi Prananta nama pembuatnya. Guru SD Negeri Wonolelo di Kabupaten Wonosobo ini berinisiatif membuat inovasi dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, karena didasari minimnya minat siswa di mata pelajaran PPKn yang cenderung membosankan dan materi yang penuh hapalan.

Fenomena ini menjadi kemunduran di dunia pendidikan, karena di tahun-tahun sebelumnya banyak anak didik yang hapal dengan Pancasila serta butir-butir di dalamnya, tetapi saat ini ketika teknologi berkembang pesat justru semakin sedikit siswa yang hapal Pancasila.

Jangankan hapal Pancasila, beberapa siswa bahkan ada yang berperilaku kurang sopan pada gurunya, yang menandakan ia belum sepenuhnya memahami Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Yunina kemudian berpikir, bagaimana caranya agar pelajaran PPKn terutama di aspek Pancasila menjadi menarik dan pesannya tersampaikan. Akhirnya, tercetuslah ide membuat media pembelajaran yang berbeda, yang langsung mempraktekkan nilai-nilai Pancasila dan sama sekali tidak menggunakan buku teks.

Menurut keterangan Yunina dalam makalahnya, aplikasi SIPANCA dibuat melalui aplikasi MIT App Inventor, sebuah web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Selama dua minggu ia dan rekannya, Jalu, mengembangkan aplikasi ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top