Sistem E-Tilang Belum Berlaku Untuk Plat Kendaraan Daerah – strategi.id
Teknologi

Sistem E-Tilang Belum Berlaku Untuk Plat Kendaraan Daerah

Sistem E-Tilang Belum Berlaku Untuk Plat Kendaraan Daerah
Sistem E-Tilang Belum Berlaku Untuk Plat Kendaraan Daerah

Strategi.id – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, kendaraan yang bukan berpelat nomor B belum dapat ditilang dengan sistem tilang elektronik, Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE).

Adapun pelat kendaraan B adalah kode yang diperuntukkan mobil, sepeda motor, dan kendaraan lain yang terdaftar di wilayah kepolisian kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

“Jadi begini, di luar (pelat) B itu sementara masih belum saya masukkan ke dalam sistem (ETLE). Mungkin next, beberapa bulan, enggak lama-lamalah, kami connect-kan dengan Korlantas, seluruh Indonesia (terhubung),” ujar Yusuf, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (26/09/18).

Yusuf mengatakan, setelah ETLE diterapkan, penindakan terhadap kendaraan berpelat nomor selain B akan dilakukan secara manual. “Kami kan fokus B dulu, sedikit-sedikit dulu, yang prioritas dulu. Kan ada anggota juga yang di jalan, jadi akan ditilang manual,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, uji coba ETLE akan dilakukan selama satu bulan mulai 1 Oktober di ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, selama uji coba dilakukan, polisi belum menindak para pelanggar lalu lintas.

Saat uji coba, polisi dan pihak-pihak terkait akan melakukan uji coba mengenai akurasi tangkapan gambar dan proses evaluasi jenis pelanggaran di Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top