Smartphone Rp.4 Juta Terbaik Saat Ini, Zenfone 5 VS Pocophone F1 – strategi.id
Teknologi

Smartphone Rp.4 Juta Terbaik Saat Ini, Zenfone 5 VS Pocophone F1

Smartphone Rp.4 Juta Terbaik Saat Ini, Zenfone 5 VS Pocophone F1

strategi.id – Perkembangan smartphone android saat ini semakin sengit, tiap-tiap merk kenamaan smartphone berlomba-lomba mengeluarkan produknya dari tingkat low-end, mid-end, hingga kelas high-end atau akrab kita sebut dengan kelas flagship.

Pada artikel ini, strategi.id akan merangkum smartphone 4 juta-an terbaik kepada pembaca sekalian, pilihan kami jatuh pada 2 brand yang sedang bertempur sengit dipasar smartphone android yaitu Asus Zenfone 5 dan  Pocophone F1, berikut adalah ulasannya

Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5

Zenfone 5 memiliki layar 6,2 inci Full HD+ (2.246 x 1.080 piksel) yang dikemas dalam bodi 5,5 inci. Dengan aspek rasio 19:9 dan screen to body ratio 90 persen, smartphone ini hampir tidak memiliki bezel sama sekali dengan “poni” atau notch di tepi atas.

Asus juga menghadirkan teknologi Artificial Intelegent (AI) pada kamera ZenFone 5 yang akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik. Teknologi AI akan memanfaatkan kamampuan hardware dan software untuk kemudian melakukan improvisasi yang lebih maksimal dalam aspek fotografi

Pada dapur pacu, ZenFone 5 bertenaga Snapdragon 636 yang menawarkan performa hingga 75 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625. Prosesor ini didukung RAM 4GB dengan memori internal 64GB.

Prosesor itu memiliki teknologi fabrikasi 14nm untuk membuatnya lebih efiesien dan hemat dalam hal performa. Ada delapan buah core prosesor yang siap dan cepat menjalankan perintah ataupun instruksi yang diberikan untuk memproses sebuah informasi.

Pada urusan grafis, ZenFone 5 didukungan chipset Adreno 509 yang performanya meningkat 10 persen lebih baik dibandingkan versi 308. Sementara prosesornya sendiri memiliki peningkatan 40 persen performa lebih baik dibandingkan prosesor Snadragon 630.

ZenFone 5 juga dibekali teknologi quick charge dan AI Charging untuk membuat masa pakai baterai bertahan lebih lama. Berkapasitas 3.300 mAh, perangkat ini telah di-support adapter 18W untuk memaksimalkan proses pengisian.

 

Xiaomi Pocophone F1

Xiaomi Pocophone F1

Xiaomi Pocophone F1

Pada 22 Agustus lalu, Pocophone Poco F1 resmi debut di India. Ponsel ini mengandalkan chipset Snapdragron 845, RAM hingga 8GB, penyimpanan internal hingga 256GB, kamera utama 12MP + 5MP, kamera selfie 20MP, dan baterai 4.000mAh.

Dari chipset-nya saja, Pocophone Poco F1 jelas menantang smartphone flagship yang lebih dulu hadir, sebut saja Samsung Galaxy Note 9, Asus Zenfone 5Z, OnePlus 6, LG G7 ThinQ, atau Xiaomi Mi 8. Kendati begitu, Pocophone menawarkan Poco F1 dengan harga lebih terjangkau.

Informasi dari laman Xiaomi India menyebutkan, Pocophone Poco F1 hadir dalam tiga model, yakni 6GB + 64GB (20.999 Rupee), 6GB + 128GB (23.999 Rupee), dan 8GB + 256GB (28.999 Rupee). Dari varian terendah, harga Pocophone Poco F1 cukup menggiurkan, yakni setara Rp4,4 juta saja!

Sementara spesifikasi lainnya, Pocophone Poco F1 mengusung layar 6,18 inci FHD+ tipe IPS LCD dengan notch rasio 18,7:9 Full Screen Display. Kendati penyimpanan internal cukup lega hingga 256GB, tapi masih tersedia slot microSD yang bisa dimanfaatkan hingga 256GB pula.

Memiliki ketebalan hanya 8,8 inci dan berat 180 gram, Pocophone Pico F1 juga mendukung sensor biometrik sidik jari, USB Type-C, Hybrid Dual SIM, dan berjalan di Android 8.1 Oreo.

Sedianya ini bukan kali pertama Xiaomi merilis smartphone di luar merek mereka. Sebelumnya, ada Black Shark yang merambah sektor smartphone gaming untuk berkompetisi dengan ponsel-ponsel serupa seperti Razer Phone atau Asus ROG Phone.

Selain itu, kehadiran Poco F1 bisa menjadi pemuas dahaga bagi Mi Fans—sebutan fans Xiaomi—yang mengharapkan kehadiran flagship Xiaomi di Indonesia. Xiaomi sendiri tak kunjung memboyong perangkat premium ke Tanah Air sebut saja Mi 8 atau Mi Mix 2S namun hanya sebatas dari seri Redmi atau Redmi Note.

jadi, kira-kira pilih mana Asus Zenfone 5 atau Xiaomi Pocophone F1?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top