Strategi R80 Menggalang Donasi Demi Terwujudnya Mimpi #TerbangkanPesawatIndonesia – strategi.id
Kabar Baik

Strategi R80 Menggalang Donasi Demi Terwujudnya Mimpi #TerbangkanPesawatIndonesia

Strategi.id- Terbangkan Pesawat Indonesia

Strategi.id- Regio Aviasi Industri (RAI) bekerjasama dengan Kitabisa.com untuk pengalangan dana Dukungan Indonesia Untuk R80. “Kita punya sejarah patungan beli Pesawat untuk Indonesia, Dakota RI-001. Sekarang pangilan itu kembali, Yuk patungan pesawat R8 untuk Indonesia” itulah cuplikan ajakan untuk masyarakat untuk mendonasikan buat terwujudnya Pesawat R80. Dari hasil pengalangan dana sampai dengan tanggal 10 November 2018 pukul 00.01 wib sudah terkumpul dana sebesar Rp 9.207.074.897. Jumlah yang sudah cukup besar dengan jumlah pendonatur sebesar 23.958 orang. 

Baca Juga : Pesawat R80 Buatan Indonesia Bersiap-Siap Mengudara

Lalu bagaimana semuanya ini bisa terwujud :

1. Kita punya sejarah besar patungan membeli pesawat untuk Indonesia

 

Dakota RI-001 Seulawah dibeli dari sumbangan rakyat Aceh dan menjadi pesawat angkut pertama milik RI.

Jika dulu kita patungan beli pesawat dari luar negeri, saat ini kita bisa patungan untuk pesawat buatan anak negeri.

2. Melalui R80, mimpi BJ Habibie dan dunia dirgantara mulai menemui titik terang.

Setelah puluhan tahun menunggu, Juni 2017 program R80 mendapatkan dukungan pemerintah dan dinyatakan sebagai Program Strategis Nasional.

Pesawat R80 murni buatan Indonesia. Arsiteknya adalah BJ Habibie, disponsori oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang, didirikan oleh Presiden RI ke 3 BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

RAI khusus mengembangkan pesawat udara R80, untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional. Selengkapnya klik http://regio-aviasi.co.id/

3. Kenapa harus crowdfunding (patungan publik)?

Total biaya pembuatan prototype pesawat R80 mencapai lebih dari Rp 200 Milyar. Sedangkan keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai US$ 1.6 Billion atau sekitar 20 trilyun Rupiah.

Uang sebanyak ini sedang digalang baik secara langsung melalui investment bankers, maupun dicarikan oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini BAPPENAS. Jadi, kita tidak hanya bertumpu pada crowdfunding.

Crowdfunding nilai utamanya bukan di jumlah donasi, tapi sebagai bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia!

Setiap dukungan dari Masyarakat Indonesia akan menaikkan kemungkinan PT RAI untuk mendapat investasi dan dukungan pemerintah. Dan tentunya setiap Rupiah kontribusi publik juga akan dipakai oleh tim engineering untuk mendevelop R80.

Dalam Crowdfunding ini, RAI bekerjasama dengan Kitabisa.com dan menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang program R80 dan menggalang dukungan publik.

Baca Juga : BJ Habibie Nilai Kualitas SDM Kunci Kemajuan Bangsa

Selain berdonasi secara individu, Anda juga bisa membuat penggalangan dana atas nama komunitas/paguyuban/organisasi.

Caranya klik tombol “jadi fundraiser” isi form singkat dan Anda akan mendapatkan halaman galang dana online milik sendiri yang jika mendatangkan donasi akan langsung terakumulasi ke total donasi Pesawat R80.


OFFICIAL R80 MERCHANDISE

Namun, masyarakat Indonesia tetap bisa mendapatkan reward dengan cara membeli jaket bomber, hoodie ataupun tumbler official R80 di beberapa toko online, antara lain:

  1. Bukalapak.com/pesawatr80
  2. Tokopedia.com/pesawatr80
  3. Shopee.co.id/pesawatr80

Setiap pembelian merchandise tersebut, akan sepenuhnya terhitung sebagai donasi dukungan untuk medukung pesawat R80 ini.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top