Tak Kalah Hebat, Budaya Indonesia juga bisa Mendunia - strategi.id
Budaya

Tak Kalah Hebat, Budaya Indonesia juga bisa Mendunia

Startegi.id - Tak Kalah Hebat, Budaya Indonesia juga bisa Mendunia
Startegi.id - Tak Kalah Hebat, Budaya Indonesia juga bisa Mendunia

Strategi.id – Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan budanyanya. Sebagai negara yang dilintasi oleh garis khatilistiwa Indonesia tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya yang memang sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia.

Indonesia sendiri tercatat sebagai saah satu negara paling kaya akan ragam budaya di dunia, beberapa budaya Indonesia juga sudah diakui oleh dunia dan sudah tercatat oleh UNESCO.

Nah, kira-kira apa saja yang menarik bagi wisatawan internasional untuk berkunjung ke Indonesia sih? Yuk kita simak ulasan singkatnya.

baca juga : Pengenalan Wayang Kulit Kepada Anak Milenial di Surakarta

Wayang

Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dari bangsa Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Bahkan kini sudah banyak orang asing yang turut mempelajari kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini.

Angklung

Angklung merupakan alat musik kesenian tradisional dari Jawa Barat bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Alat musik Angklung Indonesia telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat pun diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi kepada Menteri Pendidikan Nasional pada masa itu, yaitu Muhammad Nuh.

Batik

Batik Tulis

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal di manca negara, Batik sendiri dihasilkan dari cara yang sangat unik yaitu menuliskan lilin panas ke atas kain menggunakan canting. Batik sudah dikenal sejak kerajaan majapahit dan terus berkembang hingga saat ini dengan berbagai macam motif dan kreasi.

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Timur, Reog Ponorogo adalah salah satu kesenian tradisional yang berupa tarian yangsampai saat ini masih terus dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat. Sebagai daerah yang terkenal sebagai kota asal reog ponorogo gerbang kota ini dihiasi oleh dua sosok yang biasanya tampil dalam pertunjukan reog, yaitu sosok Warok dan Gemblak.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas