Tarif Tol Terpanjang RI Ditetapkan Rp 112.500 - strategi.id
Infrastruktur

Tarif Tol Terpanjang RI Ditetapkan Rp 112.500

Tarif Tol Terpanjang RI Ditetapkan Rp 112.500
Tarif Tol Terpanjang RI Ditetapkan Rp 112.500

Strategi.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif untuk tol terpanjang di Indonesia, yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Sumatera. 

Tol ini menyandang status terpanjang di Indonesia karena memiliki panjang 140,94 km atau mengalahkan Cikampek-Palimanan 116,75 km.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyebut, untuk golongan I dari Bakauheni ke Bakauheni Selatan tarifnya Rp 3.500. Sementara, untuk golongan V dengan rute yang sama Rp 7.000.

Baca Juga : Konektivitas Tol dan Pelabuhan Penyeberangan Genjot Ekonomi Lokal

Lanjutnya, dari titik awal hingga akhir untuk yakni Bakauheni hingga Terbanggi Besar untuk golongan I ialah Rp 112.500.

“Dari ujung ke ujung Bakauheni-Terbanggi Besar Rp 112.500 (golongan I) , golongan V itu Rp 224.500,” katanya di Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (5/4/19).

Dia mengatakan, untuk tarif dasarnya ialah di bawah Rp 1.000/km. Lebih lanjut, dia bilang, meski sudah ada tarif namun itu belum diberlakukan.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 KM

Danang mengatakan, penerapan tarif ini akan diserahkan ke badan usaha dalam hal ini PT Hutama Karya (Persero).

“Pengalaman dari Sumatera Selatan, di mana memang Sumatera belum ada pengalaman mereka memanfaatkan jalan tol, sehingga kita meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi lebih lama,” ujarnya.

“Dari sisi kami, sudah menerbitkan SK tarif, tapi inisiatif badan usaha melakukan sosialisasi sehingga masyarakat siap,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top