Tarif Transpatriot Rp 4 Ribu Perpenumpang – strategi.id
Nusantara

Tarif Transpatriot Rp 4 Ribu Perpenumpang

Tarif Transpatriot Rp 4 Ribu Perpenumpang
Tarif Transpatriot Rp 4 Ribu Perpenumpang

Strategi.id – Pemerintah Kota Bekasi resmi menetapkan tarif transpatriot Rp 4.000 per penumpang. Dalam waktu dekat, tarif tersebut segera diberlakukan.

“Kami belum putuskan (pemberlakuan tarif), karena masyarakat sejauh inikan taunya gartis, makanya kita mau ada sosialisasi dulu, bahwa pada tanggal sekian mulai bayar gitu,” ungkap Nirwan.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan segala perlengkapan terlebih dahulu sebelum tarif benar-benar diberlakukan, seperti halnya mencetak tiket yang nanti akan digunakan.

Baca Juga : Mulai Januari Pemkot Bekasi Minta Retail Tak Pakai Kantong Plastik

“Ya paling tidak kita masih butuh waktu tiga hari atau lebih untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan, karena keputuan tarif keluar dari pemkot 31 Desember kemarin kan, kita nanti bicarakan lebih lanjut berapa lama sosialisasi pemberlakuan tarif,” jelas dia.

Untuk sementara kata dia, pihaknya masih menerapakan sistem pembayaran tunai. Namun kedepan, PDMP juga akan melengkapi sistem pembayaran non-tunai agar lebih memudahkan masyarakat.

“Kita bertahap sementara tunai dulu, tapi pasti kita terapkan non-tunai agar masyarakat punya pilihan dan lebih mudah,” ungkap Nirwan.

Transpatriot beroperasi dengan melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi. Terdapat sembilan bus yang sudah uji coba operisonal sejak 26 November 2018 lalu.

Sejak pertama kali uji coba operasional, PDMP masih menggratiskan tarif angkutan umum tersebut. Sebelumnya, pembahasan penetapan tarif sempat muncul usulan setiap penumpang dikenakan tarif sebesar Rp 3.500 agar harga tiket sama seperti Transjakarta.

Baca Juga : Mewujudkan Kota Bekasi Ramah Disabilitas

Namun usulan itu rupanya tidak sesuai sehingga Pemerintah Kota Bekasi resmi menetapkan tarif Transpatriot sebesar Rp 4 ribu.

“Kita yakin ya dengan tarif Rp 4 ribu, mungkin memang Transjakarta lebih murah karena menyesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing,” jelas dia.

Adapun dari trayek tersebut, terdapat dua rute dengan 32 halte atau titik pemberhentian yang dilintasi. Rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top