Tekanan Darah dan Berat Badan Naik? Rutinlah Makan Mentimun Tiap Malam – strategi.id
Nusantara

Tekanan Darah dan Berat Badan Naik? Rutinlah Makan Mentimun Tiap Malam

Strategi.id - Tekanan Darah dan Berat Badan Naik? Rutinlah Makan Mentimun Tiap Malam
Strategi.id - Tekanan Darah dan Berat Badan Naik? Rutinlah Makan Mentimun Tiap Malam

Strategi.id – Mentimun bukan hanya enak disantap sebagai lalapan. Kalau dikonsumsi malam hari, buah segar ini juga bisa melunturkan lemak membandel hingga menyegarkan nafas.

Fatloss Planner (2/1/19) melansir, mentimun dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air. Namun kandungan nutrisi mentimun bukan hanya air semata, zat gizi mentimun bisa menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, membersihkan hati hingga membuat nafas lebih segar. 

Baca Juga : 4 Cara Tingkatkan Kualitas Kesehatanmu Hanya dalam Satu Menit

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi mentimum saat malam hari. 

1. Menurunkan berat badan 

Mentimun termasuk buah yang rendah kalori jadi meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak, buah ini tak membuat badan gemuk. Bahkan mentimun bisa diandalkan untuk mengurangi berat badan.

Setiap 100 gram mentimun segar hanya mengandung 15 kalori. Mengonsumsi mentimun saat malam hari juga membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Karena mengandung banyak air, mentimun bisa jadi alternatif camilan malam bagi orang-orang yang tengah menjalani program diet. Daripada menimbun lemak lewat makanan yang digoreng, lebih baik mengonsumsi mentimun. 

2. Mengontrol tekanan darah 

Kandungan air dan kalium yang banyak pada mentimun menjadikan buah ini bersifat diuretik. Artinya, mentimun cukup membantu mengontrol kandungan air dalam tubuh. 

Dalam hal ini mentimun berperan mengeluarkan air dan garam yang menumpuk di ginjal. Proses ini memungkinkan tubuh mengontrol tekanan darah tinggi yang diakibatkan menumpuknya kandungan natrium dalam tubuh. 

Sebuah penelitian membuktikan kandungan natrium yang berkurang pada penderita membantu mengurangi risiko lonjakan tekanan darah tinggi. 

3. Meningkatkan kualitas tidur 
Jika memiliki gangguan tidur, cobalah secara rutin mengonsumsi mentimun jelang malam. Buah ini memiliki kandungan magnesium tinggi yang membantu memberi efek nyaman dan mengurangi gangguan insomnia. 

Dalam 100 gr mentimun setidaknya mengandung 147 mg magnesium. Uji klinis pada magnesium terbukti membantu membuat seseorang memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas. 

4. Membersihkan hati dan ginjal

Hati dan ginjal setiap harinya harus bekerja keras menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai langkah menetralisir dari paparan racun, Anda bisa memanfaatkan mentimun. 

Hati dan ginjal bisa kembali berfungsi dengan baik jika sering mengonsumsi makanan alami, salah satunya mentimun. 

Coba secara rutin mengonsumsi mentimun selama dua minggu dan rasakan perbedaannya. Selain memiliki hati dan ginjal yang lebih sehat, saluran pencernaan juga lebih lancar. 

5. Menyegarkan bau mulut 

Mentimun yang mengandung air dan serat tinggi membantu meningkatkan produksi air liur. Dengan demikian maka bagian dalam mulut lebih bersih dari kotoran dan residu yang ada di mulut. 

Baca Juga : Ini Alasan Madu Baik Untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan fitokimia dalam mentimun juga ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut. Jika memiliki masalah bau mulut, cukup iris mentimun lalu diamkan dalam mulut selama satu menit. Seketika bau mulut akan hilang berganti aroma segar.

Ketika dikonsumsi malam hari, mentimun ampuh membuat nafas menjadi segar ketika bangun di pagi hari. Tak ada salahnya menyantap satu atau dua potong mentimun sebelum tidur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top