Teknologi Pencitraan Termal Inframerah FOTRIC Membantu Pemetaan Covid-19 - strategi.id
Teknologi

Teknologi Pencitraan Termal Inframerah FOTRIC Membantu Pemetaan Covid-19

Strategi.id-FOTRIC 226B Automatic Infrared Temperature Screening Device
Strategi.id-FOTRIC 226B automatic infrared temperature screening device

Strategi.id-Detektor suhu inframerah buatan FOTRIC yang sepenuhnya otomatis telah dikirimkan ke ribuan lokasi demi memeriksa suhu tubuh yang abnormal akibat pandemi Covid-19 yang terjadi.

Teknologi pencitraan termal inframerah memiliki sejumlah manfaat, termasuk pencitraan di seluruh cuaca. Teknologi ini juga kebal terhadap pengaruh cahaya, serta menyediakan citra yang jernih di siang atau malam hari. Lewat teknologi tersebut, pengukuran suhu bisa dilakukan tanpa bersentuhan.

Instalasi cepat

Dengan mempertimbangkan biaya produk pemeriksaan suhu, FOTRIC telah mengembangkan alat instalasi cepat, termasuk host, kabel, tripod, dan komputer. Perangkat lunak juga telah terpasang (pre-installed). Dengan demikian, instalasi di lokasi bisa dituntaskan dalam lima menit.

Baca Juga : JA Solar Tawarkan Sel Surya “Mono PERC MBB” Dengan Wafer Silikon Berlapis Ga

Tanpa alat instalasi cepat, sistem ini bisa digunakan dalam 15 menit setelah pengguna mengikuti panduan berbentuk video tentang prosedur instalasi.

Pengukuran suhu yang cepat

Pengukuran suhu yang cepat terwujud berkat pencitraan termal inframerah. Jika orang berada di jangkauan perangkat tersebut, pengukuran suhu dapat dilakukan tanpa jeda dan tanpa image freezing sehingga suhu terdeteksi tanpa kontak fisik.

Dalam kasus pemeriksaan suhu dua kanal yang lazim ditemui, kecepatan berjalan kaki yang normal mencapai 1,5 meter/detik. Untuk kebutuhan deteksi, jarak antara orang dibuat satu meter, dan kecepatan berjalan kaki diperlambat menjadi 0,75 meter/detik.

Baca Juga : ZTE Rilis Ponsel Pintar Axon 11 5G Pada 23 Maret 2020

Dengan demikian, setidaknya dua orang bisa diperiksa setiap tiga detik, atau 40 orang per menit, dan 2.400 orang per jam. Jika kecepatan berjalan kaki ditingkatkan menjadi 1 meter/detik, tingkat deteksi bisa mencapai 3.600 orang/jam.

Notifikasi alarm yang cepat 

Layar monitor ganda (dual-view screen) menayangkan citra termal dan cahaya yang terlihat. Saat suhu tubuh abnormal terdeteksi, instrumen pemeriksaan suhu akan memicu sebuah alarm secara otomatis. Lewat fitur suara yang segera aktif, sistem tersebut menandai anomali suhu dalam gambar dengan sebuah kotak berwarna merah. Hasilnya, petugas pemantau bisa dengan cepat menemukan orang yang bersuhu tubuh tinggi. Di saat bersamaan, sistem ini juga mengambil foto secara otomatis, dan menjadikannya sebagai cadangan data.

Akurasi

Akurasi pengukuran suhu menjadi prioritas bagi produk-produk FOTRIC. Akurasi ini terwujud berkat penggunaan detektor polisilikon yang diimpor. Dengan detektor tersebut, pengukuran suhu yang akurat di beragam temperatur dapat dilakukan secara stabil. Sesuai dengan sertifikat kalibrasi yang diterbitkan Shanghai Institute of Quality Supervision and Inspection Technology, tingkat kekeliruan maksimum dalam pengukuran suhu secara berkelanjutan mencapai 0,2 derajat Celcius.

Baca Juga : Mudahkan Impor Atau Kita Harus Siapkan Eskavator

Stabilitas

Deteksi wajah dengan AI untuk mencegah alarm palsu 

Mengingat rumitnya situasi pemeriksaan suhu tubuh, FOTRIC menerapkan sebuah algoritma deteksi wajah yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI). Fitur ini hanya mendeteksi suhu pada bagian wajah yang tertayang dalam gambar. Benda-benda bersuhu panas yang dipegang seseorang tidak akan mengganggu pemeriksaan suhu. Berkat fitur tersebut, alarm palsu juga berkurang drastis, dan beban kerja petugas dapat diturunkan.

Algoritma kalibrasi AI bawaan

Detektor FOTRIC menyusun koleksi suhu pada bagian wajah secara otomatis di beragam lingkungan. Hal ini membantu self-learning dan perubahan suhu lingkungan agar batas alarm suhu dapat disesuaikan secara seketika. Hasilnya, detektor bisa mencegah alarm palsu akibat rendahnya suhu di lingkungan sekitar pada pagi dan malam hari.

FOTRIC, perusahaan berteknologi canggih asal Tiongkok, berspesialisasi dalam bidang pencitraan termal inframerah dan pengukuran suhu yang berpresisi tinggi. FOTRIC juga telah menyediakan perangkat kerja untuk ilmuwan. Selama 10 tahun terakhir, FOTRIC telah berfokus pada pengukuran suhu lewat inframerah.

Baca Juga : Warga Bekasi Siap Dites Masal Covid-19 Selasa 24 Maret 2020

Lebih lagi, FOTRIC secara independen mengembangkan dan berhasil menghadirkan lini produk pencitraan termal, termasuk model-model produk yang memenangkan penghargaan internasional.

Sederet produk ini telah banyak dipakai dalam pemeriksaan rutin di industri pembangkit listrik, kegiatan perbaikan kerusakan untuk alat-alat pabrik, riset material chip di sektor elektronika, dan lain sebagainya.

FOTRIC memiliki berbagai pelanggan, dan menyediakan layanannya bagi lebih dari 10.000 perusahaan berskala besar, serta 211.985 universitas dan pusat riset nasional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top