Terbaru, Foto Selfie Jadi Salah Satu Syarat Daftar CPNS – strategi.id
Nusantara

Terbaru, Foto Selfie Jadi Salah Satu Syarat Daftar CPNS

Terbaru, Foto Selfie Jadi Salah Satu Syarat Daftar CPNS
Foto Selfie Syarat Untuk Pelamar CPNS

Strategi.id – Lowongan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 sudah mulai dibuka. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan pendaftaran online untuk peserta CPNS sudah bisa diakses paling cepat pada 26 September 2018 mendatang.

Dalam penerimaan CPNS yang akan dibuka tanggal 26 September nanti, panitia mewajibkan peserta untuk melengkapi datanya di Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dengan foto selfie atau swafoto. Mengapa foto selfie menggunakan KTP menjadi salah satu syaratnya?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno mengatakan mulai tahun ini, salah satu persyaratan untuk mendaftar CPNS adalah melengkapi data dengan foto selfie. Selanjutnya foto tersebut akan secara otomatis dicocokkan dengan foto peserta yang hadir saat tes.

Hal ini bukannya tanpa tujuan, Anom mengatakan ini dilakukan agar menghindari adanya joki dalam tes CPNS. Karena, jika data foto selfie dan wajah peserta yang datang saat tes berbeda, maka peserta tidak akan bisa melanjutkan tes.

“Salah satu persyaratan meng-upload data dokumen yakni foto selfie. Data itu yang akan nanti muncul ketika dia datang ke tempat tes,” ujar Anom saat jumpa pers di Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu (19/9/2018).

Cara ini digunakan untuk memastikan kesesuaian orang dengan datanya. Setelah itu, pelamar bisa melengkapi biodata dan langkah-langkah selanjutnya untuk mencetak kartu pendaftaran.

Selain foto selfie, Anom menambahkan ada beberapa dokumen yang diunggah SSCN seperti scan KTP asli, pas foto, ijazah asli yang disertai akreditasi BAN-PT saat lulus, transkrip nilai asli, hingga surat lamaran yang sudah ditandatangani.

Selain itu, di Provinsi Jatim akan tersedia 2.065 kursi bagi pelamar. Untuk formasinya sebanyak 826 guru, 797 tenaga kesehatan dan 442 tenaga teknis lainnya.

Adapun calon pelamar punya waktu sekitar seminggu untuk mempersiapkan diri sejak diumumkan formasi CPNS hari ini, 19 September. Pada tanggal 26 September nanti, situs pendaftaran dijanjikan sudah bisa mulai diakses. Jadi, segeralah siapkan data-data pelengkap syarat mendaftar Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top