Terkena Air Hujan, Puluhan Kotak Surat Suara Pemilu di Trenggalek Basah - strategi.id
Nusantara

Terkena Air Hujan, Puluhan Kotak Surat Suara Pemilu di Trenggalek Basah

Strategi.id - Terkena Air Hujan, Puluhan Kotak Surat Suara Pemilu di Trenggalek Basah

Strategi.id – Puluhan kotak surat suara pemilu 2019 Trenggalek kehujanan saat proses distribusi dari gudang ke kantor kecamatan. Dari 48 kotak surat suara basah, 9 kotak rusak berat.

Kerusakan kotak suara berisi sejumlah logistik terjadi Daerah Pemilihan (Dapil) II wilayah Kampak. Ketua PPK Kampak, Abu mengatakan dari hasil identifikasi bersama yang dilakukan tim bersama antara PPK, KPU, Bawaslu dan disaksikan polisi, jumlah kotak suara yang basah akibat terkena hujan sebanyak 48 kotak, sedangkan yang rusak berat 9 kotak. 

“Yang kehujanan ada 48 kotak dan 9 yang rusak berat, namun kami pastikan untuk seluruh logistik yang ada di dalam kotak, seperti surat suara maupun lainnya dalam kondisi aman dan tidak rusak, karena dibungkus plastik,” kata Abu saat dikonfirmasi, Senin (15/4/19).

Baca juga : Strategi TKN Jokowi – Maruf Gaet Suara Swing Voters Pilpres 2019

Kerusakan terjadi pada saat proses distribusi logistik dari gudang KPU di Kecamatan Gandusari ke kantor Kecamatan Kampak. Saat itu pihaknya mengklaim telah melakukan prosedur pengamanan logistik. Termasuk dengan menutup kendaraan pengangkut dengan plastik terpal. 

“Kemarin itu cuaca di gudang KPU mendung, kemudian distribusi tiba-tiba terjadi hujan deras, sehingga ada yang bocor dan mengenai kotak, ini adalah insiden yang tidak kami inginkan, sebetulnya kami juga sudah antisipasi dengan memasang terpal,” imbuhnya. 

Terkait kejadian itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan KPU maupun Bawaslu untuk mengambil jalan keluar. Akhirnya 9 kotak suara yang rusak diganti dengan yang baru, sedangkan sisanya dinilai masih layak digunakan. 

Baca juga : KPU Tepis Broadcast Hasil Penghitungan Pilpres 2019 di Luar Negeri

Hal senada disampaikan Ketua KPU Trenggalek, Suripto, seluruh kerusakan kotak suara yang terjadi di Kecamatan Kampak tersebut telah diganti kemarin sore dan dituangkan dalam berita acara.

“Sudah diganti semua saat itu juga, semua sudah klir,” kata Suripto. 

Sementara Ketua Bawaslu Trenggalek, Rokhani mengakui persoalan kerusakan kotak suara tersebut telah diselesaikan. Dari hasil pendataan bersama 9 kotak yang rusak untuk alokasi logistik di Desa Karangrejo dan Sugihan. 

Ke-9 kotak tersebut dengan rincian, kotak TP 10 Desa Karangrejo untuk DPRD Trenggalek, kotak TPS 32 Desa Karangrejo untuk DPRD Trenggalek, kotak TPS 006 Desa Sugihan untuk DPRD Provinsi Jatim, kotak TPS 24 Desa Karangrejo untuk DPD RI. 

Baca juga : Eks Gubernur DKI Imbau Pendukungnya Tak Golput di Pilpres 2019

Kotak TPS 11 Desa Karangrejo untuk DPRD Trenggalek, kotak TPS 001 Desa Sugihan untuk DPRD Trenggalek, kotak TPS 16 Desa Karangrejo untuk DPR RI. Kotak TPS 23 Desa Karangrejo untuk DPRD Provinsi Jatim dan kotak 27 Desa Karangrejo untuk DPRD Trenggalek. 

“Kemarin kami dari Bawaslu, KPU dan disaksikan kepolisian sudah datang ke lokasi untuk menyelesaikan persoalan ini. Semua sudah selesai dengan penggantian kotak yang rusak,” kata Rokhani. 

Pihaknya berharap petugas distribusi untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pengangkutan dan pengiriman kotak maupun logistik lainnya. Petugas juga harus mempertimbangkan keamanan dan kondisi cuaca. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top