Ternyata 7 Festival Asal Indonesia Ini Sudah Terkenal Di Luar Negeri! - strategi.id
Nusantara

Ternyata 7 Festival Asal Indonesia Ini Sudah Terkenal Di Luar Negeri!

Ternyata 7 Festival Asal Indonesia Ini Sudah Terkenal Di Luar Negeri!

Dengan keanekaragaman kebudayaan dari setiap daerah di Indonesia, sudah dipastikan banyak sekali tradisi dan kegiatan rutin yang menarik perhatian. Semuanya sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan hingga saat ini masih terus jadi agenda rutin daerah setempat. Tentunya tak hanya menarik perhatian masyarakat lokal saja, tapi juga mata masyarakat mancanegara tertarik untuk datang melihat, bahkan berpartisipasi.

Hal ini secara tidak langsung akan mendukung upaya promosi pariwisata Indonesia di mata dunia. Dengan banyaknya pertunjukan rutin setiap tahun membuat acara demi acara disiapkan dengan sangat apik dan berkelas. Jadi memang sayang untuk melewatkan kesempatan menyaksikan beragam kearifan lokal yang dicampur dengan bumbu pariwisata. Tak hanya itu, perkembangan modernisasi di berbagai aspek pun ambil bagian dari usaha untuk memberikan acara yang bermutu dan berskala internasional seperti musik, kuliner, gaya hidup, hingga berbau teknologi. Hal itu semakin memperkaya event-event tahunan yang tersebar di pelosok negeri.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi festival kelas internasional bercitarasa Indonesia, ada baiknya ada melihat 7 festival tahunan Indonesia yang sudah terkenal hingga luar negeri yang kami rangkum berikut ini.

1. FESTIVAL LAYANG-LAYANG BALI

Festival yang dimotori oleh PELANGI (Persatuan Layang-Layang Indonesia) ini diselenggarakan setiap tahun mulai bulan Juli dan akan berakhir pada bulan Oktober. Festival besar ini diadakan untuk menghormati dewa-dewa dalam kepercayaan Hindu yang telah membantu hasil panen yang melimpah.

Setiap diadakan setiap tahunnya, festival layang-layang Bali ini memiliki 3 kategori yang dilombakan, pertama adalah Bebean, layang-layang berbentuk datar. Kedua adalah Pecukan, yaitu layang-layang berbentuk ikan pari dan bisa mengeluarkan bunyi, dan terakhir adalah Jagalan, layang-layang sepanjang 100 meter berkepala naga yang ditarik oleh puluhan orang. Bali Kite Festival ini diikuti oleh lebih dari 30 layang- layang dari 20 banjar/kelurahan di Bali. Acara ini secara tidak langsung menarik minat para wisatawan yang datang ke Bali, bahkan ada yang datang khusus untuk menyaksikan festival akbar ini.

2. JAKARTA FASHION WEEK

Para perancang busana di Indonesia menjadikan pagelaran Jakarta Fashion Week sebagai barometer tren tata busana di Indonesia pada beberapa tahun belakangan ini. Pasalnya, event yang digelar sejak 2008 ini dikategorikan sebagai ajang mode paling berpengaruh di Asia Tenggara.

Memang tak ada aroma tradisi atau kebudayaan asli Indonesia dalam pagelaran ini tapi acara ini telah menyedot para desainer dan majalah mode dunia untuk melihat perkembangan mode di Indonesia melalui ajang berkelas internasional yang selalu menampilkan gaya terbaru dari desainer terbaru dan berpotensi untuk berkembang di kancah mode dunia. Jakarta Fashion Week menjadi salah satu gelaran acara yang sukses menembus pasar Internasional dalam waktu singkat.

3. JAVA JAZZ FESTIVAL

Satu lagi gelaran lokal berskala internasional yang menjadi perbincangan di setiap pertunjukannya. Java Jazz menjadi ajang unjuk gigi para musisi jazz Indonesia maupun Internasional. Festival yang rutin diadakan setiap tahun ini selalu sukses menyedot ribuang pengunjung karena semua musisi jazz berkumpul dan “manggung” di satu pentas.

Acara ini awalnya diprakarsai oleh Pieter F. Gontha, Duta Besar Indonesia untuk Polandia pada tahun 2005. Tak main-main, musisi kelas dunia seperti George Benson, Jason Mraz, Santana, Incognito, dan Dave Koz, pernah menyambangi panggung ini dan memeriahkannya bersama artis Jazz lokal. Tentu kesuksesan Java Jazz Festival ini tak hanya berpengaruh pada perkembangan musik di Indonesia, tapi juga menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk datang dan menyaksikan pertunjukan unik ini.

Terbukti di setiap event yang diadakan, selalu ada penonton yang berasal dari negara-negara tetangga. Bahkan kehadiran event ini di Indonesia telah memberikan semangat baru bagi musisi Jazz yang selama ini penontonnya tersegmentasi hanya kalangan tertentu. Tapi karna event ini, banyak anak muda yang menjadi penikmat musik jazz dan muncul musisi-musisi jazz muda di Indonesia.

4. JEMBER FASHION CARNAVAL

Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini ternyata punya gelaran besar yang patut diacungi jempol. Jember Fashion Carnaval adalah ajang tahunan yang diadakan oleh masyarakat Jember dan didukung oleh pemerintah setempat. Acara yang digagas oleh Dynand Fariz yang juga selaku pendiri JFC Center ini telah mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan potensi pariwisata daerah.

Sekitar 400 peserta karnaval akan berarak-arakan melewati jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer dengan ragam kesenian dan juga tata busana yang nyentrik. Biasanya para peserta karnaval akan dibagi menjadi beberapa defile yang akan membawakan tema tersendiri.

Tema-tema yang dibawakan biasanya terpengaruh oleh tren yang muncul saat event berlangsung seperti film, kejadian besar ikonik, dan lainnya. Ada juga gelaran adat yang mengambil tema daerah-daerah di Indonesia dan dipamerkan secara bergantian setiap tahunnya. Para peserta ini juga tak hanya sekedar pamer kebolehan dan kesenian, tapi juga berebut untuk mendapatkan penghargaan sebagai bagian dari kompetisi agar para peserta lebih semangat untuk mengikuti acara.

5. FESTIVAL DANAU SENTANI

Festival yang diadakan di sekitar Danau Sentani sejak 2007 ini telah berkembang menjadi pagelaran besar yang diperhitungkan oleh penduduk setempat dan pemerintah daerahnya sehingga saat ini masuk ke dalam kalender pariwisata utama. Tak hanya warga lokal, turis dari mancanegara seperti Belanda, Perancis, dan Portugis turut andil meramaikan festival Danau Sentani ini.

Berangkat dari semangat persatuan, acara ini diikuti oleh seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura untuk memelihara dan menyatukan berbagai suku yang ada di daerah setempat. Acara yang dihadirkan adalah tari-tarian di atas perahu, upacara adat, dan berbagai sajian kuliner khas Papua. Acara ini dilakukan selama lima hari berturut-turut dan dilaksanakan pada bulan Juni.

6. FESTIVAL BUNGA TOMOHON

Sebagai Kota Bunga, sepertinya Kota Tomohon di Sulawesi Utara ini harus membuat festival bunga untuk lebih menegaskan predikat yang tersemat di kota ini. Tak tanggung-tanggung, acara berskala internasional ini diikuti juga oleh beberapa negara seperti Perancis, Belanda, Amerika Serikat, Belgia, Rusia, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Event yang diklaim sebagai festival bunga terbesar kedua dunia setelah Kota Pasadena di Amerika Serikat ini diselenggarakan sekitar bulan Juni dan Agustus.

7. FESTIVAL TORAJA

Toraja selalu memiliki nuansa menarik untuk digali. Festival Toraja adalah salah satu acara yang digelar untuk memuaskan para pengunjung tentang berbagai tradisi yang ada di tempat ini. Diadakan di Desa Ke’ te Kesu, para wisatawan bisa langsung menikmati berbagai obyek kebudayaan yang tetap terjaga selama ratusan tahun. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun ambil bagian untuk datang memeriahkan acara ini. Mulai dari musik, upacara adat, berbagai ritual-ritual yang jarang diketahui, hingga berbaur dengan masyarakat asli Toraja adalah pengalaman yang ingin ditawarkan dalam festival ini.

Berminat mendatangi salah satu festival budaya Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara ini?. Sumber : Tiket)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top