Ternyata Inilah Alasan Masakan Padang Bungkus Lebih Banyak Porsinya – strategi.id
Merah Putih

Ternyata Inilah Alasan Masakan Padang Bungkus Lebih Banyak Porsinya

Strategi.id – Mencari rumah makan Nasi Padang di berbagai kota di Indonesia relatif mudah. Hampir semua kota terdapat rumah makan Padang.

Hal ini juga yang menyebabkan jutaan orang Indonesia kecil kemungkinan pernah mencicipi nasi Padang, salah satu makanan terlezat di dunia ini.

baca juga: Kenali Faktor Resiko karena Struk yang di Alami Bobby Tumewu.

Kendati demikian, ada satu benang merah yang acap kita temukan hampir di semua warung nasi Padang, yakni porsi nasi Padang yang banyak ketika dibungkus.

(Wikimedia Midori)

Usut punya usut, penyebab porsi nasi Padang begitu banyak ketika dibungkus berkaitan erat dengan sejarah khusus yang melatari hal tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, rumah makan Padang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, saat itu disebut sebagai ampera, singkatan dari amanat penderitaan rakyat. Kemudian, karena masyarakat Minang menyebut rumah makannya dengan sebutan Rumah Makan Ampera, ada rasa solidaritas dari pemilik rumah makan Padang kepada mereka yang membeli nasi dengan dibungkus.

baca juga: Aksi Damai YAPELH “Stop Produk Industri Pencemar Lingkungan Hidup”

Ada anggapan kalau mereka yang membeli dibungkus, akan berbagi dengan keluarganya. Karena itu, nasi dilebihkan dengan anggapan agar keluarga si pembeli bisa menikmati bersama nasi Padang itu

.Namun demikian, sebenarnya banyak sekali versi yang beredar di masyarakat tentang sejarah porsi nasi Padang ini.

Sebagian orang menyebut porsi yang besar diberikan sebagai solidaritas pemilik restoran bagi pekerja kasar seperti kuli bangunan yang membutuhkan tenaga banyak usai bekerja keras.Tapi ada juga pendapat lainnya, misalnya karena soal estetika, di mana dengan jumlah nasi lebih banyak akan membuat bungkusan nasi bisa tegak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top