Tim Mahasiswa UPI Juara Lomba Karya Ilmiah Telminas HMPII 2018 – strategi.id
Nusantara

Tim Mahasiswa UPI Juara Lomba Karya Ilmiah Telminas HMPII 2018

Strategi.id-lomba karya ilmiah Telminas HMPII 2018 , Presentasi Tim Peneliti Mahasiswa Universitas Diponegoro
Strategi.id-lomba karya ilmiah Telminas HMPII 2018 , Presentasi Tim Peneliti Mahasiswa Universitas Diponegoro

Strategi.id- Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bagi mahasiswa program studi ilmu perpustakaan dan informasi se-Indonesia di Indonesia digelar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Depok pada 29-31 Oktober 2018.

Acara itu merupakan bagian dari perhelatan akbar dua tahunan Temu Ilmiah Nasional (Telminas) Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) 2018 yang kali ini mengusung tema Digital Literacy: Revolution of Ideas.

Selain LKTI untuk para mahasiswa, di ajang Telminas HMPII 2018 juga digelar lomba karya vlog inspirasif dan lomba loster kreatif.

Dari karya karya yang masuk ke panitia, terlihat adanya antusiasme yang cukup besar dari para mahasiswa pelbagai kampus di Indonesia.

Untuk LKTI kali ini, panitia memberi arahan bahwa tema yang diajukan adalah seputar “Strategi dan Inovasi dalam Meningkatkan Literasi Media Masyarakat”.

Lewat proses penyaringan yang cukup ketat sejak beberapa bulan lalu, terkumpullah karya ilmiah mahasiswa dari sembilan kampus di Indonesia yang dianggap memenuhi sarat untuk dilakukan penilaian lebih lanjut oleh Tim Dewan Juri dari kalangan akademisi dan praktisi literasi yang kompeten.

“Ada dua tahapan penilaian oleh Dewan Juri, yakni penilaian atas naskah karya ilmiah itu sendiri dan penilaian terhadap presentasi masing-masing tim mahasiswa universitas atas karyanya di hadapan dewan juri, ” jelas Nanang Djamaludin salah satu juri LKTI TELMINAS HMPII 2018 kepada strategi.id usai acara.

Nanang yang juga Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN) dan pegiat literasi itu menyebutkan sembilan karya ilmiah dari sembilan kampus ternama di Indonesia yang karyanya lolos dan dinilai dewan juri. Yakni:

a. Tim Mahasiswa Universitas Lampung, dengan karya ilmiah berjudul “Literasi Media Melalui Aplikasi Instagram sebagai Ruang Baca Online pada Mahasiswa Fisip Unila.”

b. Tim Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang berjudul “Inovasi Kartu Lisensi Media Sosial Guna Mendukung Literasi Media dalam Penggunaan Media Sosial di Masyarakat.”

c. Tim Mahasiswa Universitas Negeri Malang, berjudul “Pengaplikasian UU Keterbukaan Informasi pada Media Sosial Kemenkeu dan Kemen PUPR untuk Menghadapi Hoax.”

d. Tim Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya, berjudul “Endorsment Instagram sebagai Manifestasi Di Era Masyarakat Informasi.”

e. Tim Mahasiswa Universitas Pendidikan Bandung berjudul “Blog Geulis Bubuh: Gerakan untuk Literasi Budaya Buhun Berbasis Blog Komunitas Masyarakat.”

f. Tim Mahasiswa Universitas Padjadjaran berjudul “Gerakan Mencerdaskan Literasi Media Bagi Remaja: WeMove.”

g. Tim Mahasiswa Universitas Indonesia Depok berjudul “Studi Bibliometrik Topik, Literasi Media pada E-Resourse Universitas Indonesia Masa Terbit 2013-2018.”

h. Tim Mahasiswa Universitas Diponegoro berjudul “Media Sosial Influencer: Pemeran Baru dalam Promosi Literasi Media Melalui Situs YouTube.”

i. Tim Mahasiswa Universitas Sumatera Utara berjudul “Cermat (Culture of North Sumatera) Mobile Application sebagai Inovasi dalam Mempromosikan Warisan Budaya Sumatera Utara.”

“Secara umum kesembilan karya ilmiah itu berisi ide-ide liar yang keren, khas kaum milenial, juga berbasis data dan analisis menyegarkan. Dan tentunya punya peluang diterapkan di masyarakat jika mereka hendak mengembangkan dan memperjuangkannya secara gigih, ” papar Nanang.

Lebih lanjut ia berharap agar para peserta LKTI dengan berbekal karya ilmiah mereka itu bisa pula terlibat lebih dalam lagi mengisi celah-celah kekosongan gerakan literasi dalam rangka penguatan literasi media di daerahnya, tentunya juga di kampusnya.

Dari kesembilan karya ilmiah itu akhirnya diputuskan pemenang Juara I LKTI TELMINAS HMPII 2018 adalah Tim Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sementara Juara II jatuh pada Tim Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang. Dan Juara III ditempati oleh Tim Mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada tim pemenang, juga kepada tim yang belum berkesempatan menang. Teruslah berkarya dan mengabdi pada masyarakat, khususnya di sektor literasi,” pungkas Nanang.

2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top