Tips Berpuasa Sambil Bekerja agar Tetap Semangat - strategi.id
Merah Putih

Tips Berpuasa Sambil Bekerja agar Tetap Semangat

Strategi.id - Tips berpuasa agar bekerja tetap semangat

Strategi.id – Puasa selama bulan Ramadhan ternyata tak hanya bisa dilakukan sebagai bentuk ibadah. Puasa pun dapat bermanfaat untuk meningkatkan performa kerja.

Lalu bagaimana caranya agar ibadah puasa dan pekerjaan di kantor tetap lancar selama bulan Ramadan? Ini caranya.

1. Jangan tidur lagi setelah sahur dan setelah salat subuh

Setelah sahur, sebaiknya mulailah aktivitas pagi, jangan tidur lagi. Tidur lagi setelah sahur bukan hanya berisiko menaikkan berat badan tapi juga bisa membuat tubuh lemas. Belum lagi jika harus bangun kesiangan. Jadi manfaatkan waktu setelah salat subuh sebagai cara menyegarkan tubuh. Bisa dilakukan dengan jalan-jalan pagi dan menyiapkan tugas-tugas kantor.

2. Manfaatkan perjalanan ke kantor

Karena kamu sudah bangun pagi, kamu bisa berangkat lebih pagi ke kantor dan menghindari kemacetan jalanan. Manfaatkan perjalanan ke kantor sebagai cara refreshing rutinitas yang padat rebutan transportasi. Jika bisa sampai di kantor lebih awal, kamu bisa bekerja lebih cepat dan selesai lebih cepat pula.

3. Jangan sering lihat jam

Kalau kamu terlalu sering melihat jam dan menghitung waktu menuju maghrib, percayalah waktu akan semakin terasa lama. Ketika kamu sadar kalau waktu maghrib masih lama, pasti akan langsung merasa lemas dan malas, deh. Iya, kan? So, jangan terlalu sering melihat jam dan tetap fokus pada pekerjaan.

4. Interaksi dengan teman

Di sela-sela pekerjaan, tidak ada salahnya untuk sekadar menyegarkan pikiran dengan berbagi cerita atau bercanda dengan teman sekantor. Hal ini bisa membantu kamu untuk kembali berenergi saat puasa. Tapi, kamu perlu lihat situasi juga jangan sampai teman yang sedang sibuk bekerja jadi terganggu fokusnya karena kamu ajak bicara. Interaksi dengan teman kantor juga bisa meningkatkan nilai sosial kamu di kantor.

5. Pulang tepat waktu

Karena sudah datang di kantor lebih awal, pekerjaan jadi cepat selesai, kamu pun bisa ulang lebih awal, menghindari macet sekaligus jadi waktu santai mencari makanan untuk buka puasa. Kamu juga bisa pulang ke rumah lebih awal agar bisa memasak dan menyiapkan menu berbuka puasa untuk keluarga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top