Tjahjo: Kalau Suketnya Sah Tak Masalah, Warga Bisa Nyoblos Pakai e-KTP – strategi.id
Nusantara

Tjahjo: Kalau Suketnya Sah Tak Masalah, Warga Bisa Nyoblos Pakai e-KTP

Tjahjo: Kalau Suketnya Sah Tak Masalah, Warga Bisa Nyoblos Pakai e-KTP
Tjahjo: Kalau Suketnya Sah Tak Masalah, Warga Bisa Nyoblos Pakai e-KTP

Strategi.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tak mempersoalkan diperbolehkannya warga yang mempunyai hak pilih mencoblos dengan membawa e-KTP. Asalkan, surat keterangan (suket) yang dibawa pemilih, sah. 

“Minimal suket itu sah NIK-nya, sudah ada. Tinggal belum punya e-KTP yang asli. Saya kira kalau suketnya sah sesuai dengan domisili namanya terdata di RT/RW berapa saya kira nggak ada masalah,” ujar Tjahjo di Hotel Ciputra, Jl S Parman, Jakarta Barat, Rabu (20/3/19).

Tjahjo menyebut sebanyak 98 persen dari 92 juta sudah punya e-KTP. Tapi masih ada 2 persen warga yang belum punya e-KTP.

Baca Juga : Mendagri: Pemerintah Siapkan Blanko E-KTP Jelang Pemilu 2019

“Mungkin karena teknis dia belum mendapatkan e-KTP itu,” katanya.

Komisi II DPR, KPU dan Bawaslu menyepakati penggunaan e-KTP bagi warga yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Komisi II DPR RI, KPU, dan Bawaslu sepakat bahwa masyarakat yang tidak terdaftar di DPT boleh menggunakan hak pilihnya hanya menggunakan e-KTP,” kata Wakil Ketua Komisi II F-PKB Nihayatul Wafiroh membacakan kesimpulan rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3).

Baca Juga : Perangkat Desa Akan Beri Jokowi Gelar ‘Bapak Pembangunan Desa’

Namun ada syarat bagi warga yang hanya menggunakan e-KTP untuk memilih pada Pemilu 2019. Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan e-KTP digunakan di TPS sesuai dengan domisili.

“Orang-orang dengan kategori DPK (daftar pemilih khusus) itu hanya boleh menggunakan hak pilihnya di mana dia berdomisili,” kata Arief.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top