Tol Trans Jawa Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru - strategi.id
Infrastruktur

Tol Trans Jawa Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Strategi.id - Tol Trans Jawa Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Strategi.id – Kabar baik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa ruas Pemalang-Batang pada libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Pimpinan Proyek PT Waskita Karya Pemalang-Batang Toll Road (PBTR) Aminuddin mengatakan, semua kendaraan yang melintas jalur Tol Trans Jawa tersebut hingga akhir Desember 2018 bebas biaya alias gratis. “Kami pastikan jalur tol Pemalang-Batang digratiskan saat libur Natal 2018 hingga Tahun Baru 2019,” katanya di Pekalongan, Jumat (14/12/18).

Aminuddin menyebutkan, progres fisik pembangunan Jalan Tol Pemalang-Batang sudah hampir semuanya selesai sehingga siap untuk dioperasional menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2019. 

“Di luar paket 3, semua pengerjaan jalan tol (Pemalang-Batang) sudah hampir selesai 100 persen. Jalur tol Pemalang-Batang ini ditargetkan selesai total Mei 2019,” katanya.

baca juga : Selesai 100 Persen, Tol Trans Jawa Bisa Dilewati saat Libur Natal

Dia menjelaskan, pengerjaan jalur tol Paket 4 yang meliputi Pasekaran Kabupaten Batang hingga Pakajangan Kabupaten Pekalongan sudah selesai. “Kami pastikan jalur tol Kabupaten Pekalongan hingga Kabupaten Batang sudah dapat dilalui kendaraan saat libur Natal 2018,” katanya.

Staf Tekhnik dan Operasional PBTR Zakaria mengatakan, berdasarkan informasi pada 16 Desember 2018 akan diresmikan Tol Pemalang-Batang, tepatnya di titik pintu Tol Batang Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem. 

Selang empat hari kemudian, tepatnya 20 Desember 2018 ruas Tol Batang-Semarang di titik Jembatan Kalikuto, perbatasan Batang dan Kendal akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

baca juga : Rekayasa Lalu Lintas Di Jalur Puncak Jelang Tahun Baru

Setelah diresmikan Presiden, kata dia, jalur tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 kilometer sudah bisa dioperasikan. “Nanti, ruas tol dari Pemalang hingga Semarang akan terlebih dulu diujicobakan selama tujuh hari, artinya tarif tol akan digratiskan bagi masyarakat yang akan melewati jalur sepanjang 107 kilometer itu,” katanya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo diagendakan menjajal ruas jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Jalur itu kini sudah bisa diakses masyarakat.

“Saya mendengar 20 Desember mendatang Presiden Jokowi akan mengecek langsung seluruh ruas tol dari Jakarta-Surabaya,” ujar Budi Karya Sumadi saat mengunjungi lokasi pembangunan bandara baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (14/12/2018).

Menurutnya, jalur ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin berlibur Natal dan Tahun Baru 2019. Sebab dengan melalui Tol Trans Jawa, jarak tempuh dari Jakarta sampai Surabaya hanya 10 hingga 11 jam perjalanan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top