Iklan

Nusantara

Tolak Kehadiran TNI-Polri di Papua, Pengamat: Penolakan Pihak yang Punya Masalah Hukum

Strategi.id – Aksi-aksi teror yang dilakukan Kelompok Teroris OPM tetap menjadi perhatian pemerintah. TNI-Polri pun dihadirkan untuk mejaga kondisi agara tetap aman karena Papua merupakan bagian dari NKRI.

Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta mengatakan dengan fakta terjadinya rangkaian aksi teror oleh Kelompok Teroris OPM kepada masyarakat, maka sudah menjadi kewajiban TNI-Polri untuk hadir dan melindungi masyarakat di Papua.

Ia pun mendukung penuh upaya pemerintah tersebut dan menilai kehadiran TNI-Polri di Papua adalah bukti kehadiran negara untuk masyarakat.

“Justru sangat aneh ketika ada pihak yang meminta TNI Polri pergi dari suatu wilayah NKRI. Pihak yang tidak menginginkan kehadiran TNI Polri adalah pihak yang punya masalah dengan hukum,” ujar Stanislaus, Sabtu (19/06/21).

Stanislaus juga mengapresiasi langkah pemerintah yng sejauh ini sudah on the track membantu meningkatkan hayat hidup orang Papua. Program Otonomi Khusus (Otsus) yang sudah berjalan 20 tahun menjadi bukti kepedulian pemerintah terhadap masyarakat di bumi Cenderawasih.

Menurutnya kehadiran pemerintah di Papua sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, misalnya di sektor pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Untuk itu, pemerintah disarankan untuk menjalin dialog secara intens dengan masyarakat.

“Masyarakat harus menjadi pelaku pembangunan bukan objek pembangunan. Jika kehadiran negara sudah dirasakan, maka masyarakat tidak akan mudah dipengaruhi oleh kelompok-kelompok anti pemerintah,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Diwartakan Oleh:
Bobby San
  • Berita Terbaru

    Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Tumbuhkan Solidaritas

    Strategi.id - Wabah Covid-19 yang masih melanda hingga kini harus menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas sesama…

    1 August 2021

    Puan Maharani: Tindak Tegas Mafia Obat Terapi Covid-19 Tanpa Pandang Bulu!

    Strategi.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengutuk praktik mafia obat, terlebih untuk obat terapi…

    1 August 2021

    Sebar Informasi Pasar Ekspor, Kemendag Buka Peluang Pasar Ekspor untuk UKM

    Strategi.id - Kementerian Perdagangan terus berupaya mendorong peningkatan ekspornonmigas Indonesia. Salah satunya melalui penyebaran informasi…

    1 August 2021

    Gus Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa

    Strategi.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau…

    1 August 2021

    LMAN Salurkan Pendanaan Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur PSN

    Strategi.id - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menyalurkan pendanaan pembebasan lahan guna mendukung percepatan…

    1 August 2021

    Bersama BEM SI dan BEM Nusantata, Kapolri Gencarkan Vaksinasi Percepat Herd Immunity

    Strategi.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi mahasiswa yang ikut berperan aktif dalam mendukung target…

    1 August 2021

    This website uses cookies.