Tradisi Unik Pudunan Islam Kejawen di Cilacap - strategi.id
Budaya

Tradisi Unik Pudunan Islam Kejawen di Cilacap

Strategi.id – Malam berganti pagi, puluhan penganut Islam Kejawen di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Cilacap melakukan prosesi Dandan.

Rabu, 12 Juni 2019, puluhan penganut Islam Kejawen menggelar prosesi Dandan menjelang ritual Pudunan ke Daun Lumbung, Cilacap dan Pekuncen, Jatilawang, Banyumas.

Pudunan adalah ritual tahunan untuk sowan dan ziarah ke Pasemuan Panembahan Daun Lumbung di Cilacap Selatan serta Pekuncen, Banyumas. Dalam ritual tersebut, pelaku adat akan berjalan kaki kurang lebih 20 kilometer ke Daun Lumbung.

Baca juga : Grebeg Onje, Ritual Menjelang Ramadan di Purbalingga

Ketua Adat Tradisi Anak Putu (ATAP) Kalikudi, Nakam Wimbo Prawiro mengatakan dandan merupakan ritual penganut Islam Kejawen mempersiapkan bahan-bahan makanan mentah yang hendak dibawa dalam ritual pudunan ke Daun Lumbung maupun Pekuncen.

Dalam tradisi itu, masyarakat membuat alat pemikul menggunakan bambu. Beberapa bahan makanan yang dibawa di antaranya, beras, kelapa, cabai, ketela, dan sebagainya.

“Istilahnya, itu membuat alat untuk memikul. Sama, masyarakat adat itu mengantar bahan mentah ya, bahan slametan, ke Pasemuan, yang akan dibawa ke sana,” katanya.

Baca juga : 5 Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara

Dimulai kira-kira pukul 05.00 WIB, persiapan akan selesai pada Rabu malam, ditutup dengan ritual selamatan dan musyawarah pemberangkatan peserta pudunan.

“Tempat mikulnya itu diatur. Persiapan, nanti malam, juga ya membahas ke arah besok. Terus paginya napak tilas ke Daun Lumbung maupun ke Pekuncen,” dia menjelaskan.

Nakam menerangkan, pudunan adalah tapak tilas silaturahmi yang dilakukan setelah masyarakat adat merayakan Lebaran Idul Fitri. Tradisi ini telah dilakukan ratusan tahun.

Baca juga : Tak Kalah Hebat, Budaya Indonesia juga bisa Mendunia

Penganut Kejawen Desa Kalikudi, Adipala berjalan kaki puluhan kilometer ke Daun Lumbung, Cilacap. Dalam ritual tahun ini, diperkirakan sebanyak 150 penganut kejawen dari Pasemuan Lor dan Pasemuan Kidul Kalikudi bakal mengikuti ritual pudunan.

Di Daun Lumbung, masyarakat adat bakal menggelar berbagai ritual Pudunan. Di antaranya, selamatan di Pasemuan dan ziarah atau bekten di Panembahan Daun Lumbung. Pada Sabtu, 15 Juni 2019, mereka baru bakal kembali ke Kalikudi.

Kiai Kunci masing-masing Pasemuan, lor, dan kidul, menerima mereka kembali di tempat ibadah para pelestari adat ini. Selanjutnya, mereka baru kembali ke rumah masing-masing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top