Tokoh

Ubedilah Badrun

Strategi.id- Ubedillah--Badrun-

Strategi.id- Ubedilah Badrun adalah satu diantara sekian banyak aktivis 98 yang memilih jalan hening, jalan intelektual, menjadi dosen, meneliti, menulis dan melakukan pembelaan atau turut terlibat dalam memperjuangkan nilai-nilai kebenaran universal.

Ketika Mahasiswa ia menjadi salah satu tokoh mahasiswa berpengaruh atas berdirinya FKSMJ (Forum Komunikasi Senat Mahasiswa Se-Jakarta) pada 23 Maret 1996 yang kemudian menjadi organisasi penting pada saat peristiwa Reformasi Mei 1998.

Baca Juga : Buku Baru Karya Ubedilah Badrun Untuk Aktivis Mahasiswa Milenial Segera Terbit

Ketika mahasiswa pernah menjadi mahasiswa berprestasi utama, mendapat penghargaan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, pada saat yang sama menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta). Sosok muda yang dikenal kritis, tajam dan santun ini kini pandangan-pandanganya sering mewarnai sejumlah media TV nasional, Koran Nasional, Radio, media online dan lainya.

 

Karya Intelektualnya

Sejumlah karya ilmiahnya dimuat disejumlah koran nasional, jurnal dan dalam bentuk buku. Diantara karyanya: Pendidikan Politik Yang Buruk (Kompas, 2000), Membaca Kemungkinan Dua Presiden (Media Indonesia, 2001), Bila Golkar Menang Pemilu 2004 (Jawa Pos, 2003), Radikalisasi Gerakan Mahasiswa ( Buku, Penerbit Media Raushanfikr, 2006), Koalisi Politik dalam Pilpres 2009 (Detik,2009), Politisi Santri dan Politik Kekuasaan: Pendekatan Sosiologi Politik Mix Approach Sejarah dan Post-Behavioral(Jurnal Sosialita, 2012),  Koalisi Capres: Antara Politik Gagasan dan Transaksional (Sindo,2014), 70 Tahun Indonesia dan Bobroknya Sistem Politik (Republika, 2015), buku Sistem Politik Indonesia : Kritik dan Solusi Sistem Politik Efektif (Penerbit Bumi Aksara, 2016), buku Menjadi Aktivis Kampus Zaman Now (Penerbit Bumi Aksara, 2018), The development of Nationality education model for Crosscultural Youth (http://ejournal.p-adri.org, 2017) dan Middle Class in Indonesia and Public Intellectual Responsibility (ICUIC,2018), dll.

 

Profesi

Saat ini sehari-hari adalah mengajar untuk bidang Pengantar Ilmu Politik, Sosiologi Politik, Ekonomi Politik, Budaya Politik dan Sistem Politik Indonesia pada program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ia juga Pernah menjadi tenaga pengajar Labschool Jakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara. Dosen yang berlatar belakang aktivis ini pernah tinggal di Jepang selama 4 tahun, menjadi Vice Principal di Tokyo Indonesian School, aktif disejumlah seminar internasional dan aktif di Institute for Sciences and Technology Studies (ISTECS) chapter Jepang, serta menggeluti budaya politik Jepang.

Baca Juga : Aktivis FKSMJ’98 Ubedilah Badrun Melawan Perindo dan JK di MK

 

Inisiatif dan Pengalaman Organisasi Profesi

Inisiatifnya mengelola Sekolah Politik untuk mahasiswa secara gratis sampai saat ini diapresiasi oleh banyak kalangan mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya.

Alumni Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Pascasarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia (UI) ini kerap menjadi mentor politik anak muda Jakarta, baik untuk menjadi politisi, aktivis maupun ilmuwan sosial politik. Kang Ubed juga pernah dipercaya sebagai Ketua Laboratorium Sosiologi, Ketua Laboratorium Fakultas Ilmu Sosial UNJ, Direktur Pusat Studi Sosial Politik Indonesia (Puspol Indonesia), Ketua Forum Komunikasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi se-Indonesia, dan Ketua Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Se-Indonesia (APPSANTI). Ubedilah Badrun dapat dihubungi melalui email : ubedilah.badrun@gmail.com

.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =

Atas