UGM Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade Kedokteran Internasional – strategi.id
Kabar Baik

UGM Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade Kedokteran Internasional

Strategi.id - UGM Terpilih Jadi Tuan Rumah Olimpiade Kedokteran Internasional

Strategi.id – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) terpilih menjadi tuan rumah olimpiade internasional di bidang kedokteran atau Indonesian International Medical Olympiad (IMO) yang diselenggarakan pada 16-19 Oktobe.r 2018.

Ada enam cabang lomba medis IMO 2018 mulai cardiorespiratory, genitourinary, musculoskeletal, digestive, neuropsychiatry dan infectious diseases.

Kriswahyu Yudo Wirawan, Ketua Panitia IMO 2018, memberitahu bahwa IMO 2018 diikuti 594 peserta yang terdiri dari mahasiswa kedokteran Indonesia, Thailand dan Filipina. Mereka terbagi menjadi 297 tim.

Wakil Dekan Bidang Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKKMK UGM, Gandes Retno Rahayu, mengatakan para peserta akan mengikuti uji pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu kedokteran. Meski penentuan pemenang ditentukan dengan 3 tahap seleksi, namun peserta yang tidak lolos dalam babak penyisihan hingga semi final akan diikutkan dalam rangkaian seminar dan talkshow.

Akan ada peserta-peserta yang tereliminasi sejak hari pertama. Semi final dilombakan lewat lomba tulis dan praktik, dan saat final ada semacam presentasi tentang sebuah kasus.

Irfandinata, Sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (IMSKI), menjelaskan, saat ini organisasi yang menangani BEM Fakultas Kedokteran ada 81 institusi. Sedangkan, IMO sudah diselenggarakan sejak 2010 dan mulai 2015 sudah masuk tahap kompetisi internasional.

“Program dinaungi organisasi netral independen dan diikuti seluruh mahasiswa kedokteran, kami kerja sama dengan AIPKI dengan tujuan menjaga kualitas soal,” ujar Irfandinata.

Diharapkan, pelaksanaan IMO ini menjadi tempat bagi mahasiswa kedokteran di Indonesia dan Internasional untuk terbiasa berkompetisi. Serta, memotivasi mahasiswa kedokteran dalam meningkatkan kapabilitas kompetisi secara profesional.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top