Unik, 6 Negara Ini Menggunakan Bahasa Jawa - strategi.id
Nusantara

Unik, 6 Negara Ini Menggunakan Bahasa Jawa

Unik, 6 Negara Ini Menggunakan Bahasa Jawa

Strategi.id – Ketika kita menyebut bahasa jawa, atau berbicara menggunakan bahasa jawa maka langsung terbayang dengan Indonesia.

Maklum saja karena Indonesia terdiri dari 33 Provinsi, bahasa jawa menjadi salah satu bahasa daerah yang ada di negara Indonesia tercinta.

Bagi sebagian masyarakat Pulau Jawa, bahasa Jawa merupakan salah satu medium yang umum digunakan dalam komunikasi sehari. Khususnya bagi masyarakat di Jawa Timur dan Tengah. Namun uniknya, ternyata ada beberapa negara berbahasa Jawa dari beberapa belahan dunia lain.

Tapi apakah kamu tahu bahwa bahasa Jawa ternyata tidak hanya digunakan di Indonesia? Berikut ini ada 6 Negara yang menggunakan bahasa Jawa di daerah mereka.

1. Belanda

Belanda cukup lama menancapkan pengaruhnya di Indonesia, sejak masa perdagangan rempah-rempah hingga menjelang Perang Dunia. Konon dulunya ada banyak orang Jawa dikirim ke sana sebagai budak dan dari situlah bahasa Jawa menyebar di Belanda. Masyarakat intelektual Belanda sendiri juga cukup menghargai bahasa Jawa.

2. Singapura

Setelah Belanda, negara berikutnya yang juga mengenal Bahasa Jawa adalah Singapura. Mereka bermukim di wilayah dekat Sungai Rochor, yang kemudian dikenal sebagai Kampong Jawa. Hingga kini beberapa orang penduduk di sana masih ada yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa.

3. Malaysia

Catatan sejarah menyebutkan bahwa pada tahun 1900-an sejumlah warga Pulau Jawa memutuskan merantau ke Malaysia. Sebagian besar kemudian meraih sukses dan memutuskan menetap serta jadi warga negara Negeri Jiran. Beberapa warga Malaysia yang punya garis keturunan Jawa pun hingga kini banyak yang bisa berbahasa Jawa.

4. Suriname

Terletak di Benua Amerika, di bagian Timur Laut Amerika Selatan, sebagian populasi di Suriname adalah orang Jawa. Dulunya negara ini merupakan jajahan Belanda. Hingga tahun 1939, negeri Oranje rajin mendatangkan pekerja dari Jawa ke Suriname. Hingga saat ini Bahasa Jawa masih dipergunakan.

5. Kaledonia Baru

Negeri seberang laut milik sepermakmuran Perancis, migrasi pertama terjadi pada tahun 1896. Penduduk asli pulau ini suku kanak dari ras Melanesia, bagi yang belum terlalu familiar dengan Kaledonia Baru, wilayah negara mereka terletak di sisi barat daya Samudra Pasifik.

6. Pulau Cocos

Pulau Cocos sempat didatangi oleh bangsa Inggris pada Abad ke-19. Kala itu mereka membawa sejumlah pekerja yang berasal dari Jawa. Dari sinilah bahasa Jawa kemudian menyebar di sana.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top