Wagub Jabar Bersama HPN dan FKDB Bertekad Wujudkan Kedaulatan Pangan - strategi.id
Nusantara

Wagub Jabar Bersama HPN dan FKDB Bertekad Wujudkan Kedaulatan Pangan

Strategi.id - Wagub Jabar Bersama HPN dan FKDB Bertekad Wujudkan Kedaulatan Pangan
Strategi.id - Wagub Jabar Bersama HPN dan FKDB Bertekad Wujudkan Kedaulatan Pangan

Strategi.id – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) dan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Bursa Tani bertekad mewujudkan Jawa Barat juara dalam hal kedaulatan pangan. Kedaulatan atau swasembada pangan sudah sejal lama digaungkan, itu menjadi motivasi bagi pelaku usaha di bidang pertanian.

Deklarasi mewujudkan Jawa Barat juara kedaulatan pangan dilakukan oleh Wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Barat K.H Anun Bunyamin, Ketua PWNU Jawa Barat dan Ketua Umum FKDB Bursa Tani H. Ayep Zaki, bersama Wagub Jawa Barat pada (18/12/18) di Gedung Sate (Kantor Gubernur Jawa Barat), Banudng.

Baca Juga : TRB Serahkan Rekomendasi Rakernas Bandung ke Cawapares 01

Ketua Umum FKDB, H. Ayep Zaki, langkah HPN dan FKDB yang didukung oleh Nahdlatul Ulama (NU) merupakan langkah berani dan dengan rasa optimis yang tinggi, di tengah situasi menyusutnya lahan pertanian di Jawa Barat.

“langkah untuk mewujudkan kedaulatan pangan ini terbilang sangat berani dan dengan optimis yang tinggi, ditengah menyusutnya lahan pertanian di Jawa barat saat ini,” pungkas Zaki di Kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung (18/12/18).

Berdasar data pada 2018, telah terjadi penyusutan lahan pertanian. Dari luas 1,86 juta hektar menjadi 1,69 juta hektar. Di sisi lain dengan penambahan jumlah penduduk yang tiap tahun terus meningkat di kisaran 1,89 persen ,tentu otomatis mempengaruhi meningkatnya konsumsi dan kebutuhan pangan. Dari data statistik kependudukan, Jawa Barat saat ini hampir berpenduduk 48 juta jiwa.

Baca Juga : Akibat Pesta Miras Oplosan, 2 Remaja di Tambun Bekasi Tewas

Namun H. Ayep Zaki mentakan, kedaulatan pangan di Jawa Barat merupakan keniscayaan. Salah satu contoh, di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kedaulatan pangan sudah bisa terwujud melalui upaya-upaya yang dilakukan FKDB Bursa Tani.

Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan sangat mengapresiasi, serta memberikan dukungan kepada segala bentuk upaya untuk mewujudkan Jawa Barat juara kedaulatan pangan. Wagub menyatakan akan segera membahas target dan program ketahanan serta kedaulatan pangan yang memang masuk pada bidang pertanian, yang berada di bawa koordinasi Wagub Jawa Barat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top