Wajib Coba, Ini Cara Baru Menikmati Jl. Malioboro – strategi.id
Nusantara

Wajib Coba, Ini Cara Baru Menikmati Jl. Malioboro

Strategi.id - Wajib Coba, Ini Cara Baru Menikmati Jl. Malioboro
Strategi.id - Wajib Coba, Ini Cara Baru Menikmati Jl. Malioboro

Strategi.id – Dikenal sebagai salah satu tujuan paling populer di Yogyakarta, Jl Malioboro, kini memiliki fasilitas bike-sharing sebagai opsi alternatif bagi wisatawan untuk menjelajahi daerah tersebut.

Pengunjung dapat mengunduh aplikasi JogjaBike di Google Play sebelum menuju ke ShelterPit di mana mereka bisa menggunakan sepedanya dengan memindai kode QR. Layanan ini dilengkapi dengan kunci pintar, live location, dan sistem anti-pencurian.

“Di luar negeri sudah ada London bike, Boston bike, nah sekarang di Yogyakarta ada Jogjabike,” ujar Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dalam peluncuran “Jogjabike” di Loko Cafe, Sabtu (28/10/18). Haryadi menyampaikan Yogyakarta merupakan kota pariwisata.

baca juga : Tempat Wisata Kekinian di Boyolali, Yang Wajib Kamu Kunjungi

Malioboro merupakan salah satu destinasi dan ikon yang memiliki magnet bagi wisatawan untuk datang berkunjung. Hadirnya Jogjabike ini sebagai alternatif, bagi wisatawan untuk menikmati Malioboro dengan bersepeda. Sehingga harapannya, dengan kehadiran Jogjabike ini dapat mengembangkan pariwisata Yogyakarta.

JogjaBike saat ini memiliki 20 sepeda di empat lokasi, yaitu Loko Cafe, Malioboro Mall, Kepatihan, dan Benteng Vrederburg dari 8 pagi hingga 9 malam.

Sekitar 1.000 sepeda direncanakan akan tersedia di fasilitas umum dan tujuan wisata lainnya.

Muhammad Aditya, salah satu penggagas layanan itu, mengatakan bahwa aplikasi tersebut gratis untuk digunakan orang.

baca juga : 5 Tempat Wisata di Jakarta yang Lagi Hits, Sudah Tahu?

“Ketika mereka mengunduh aplikasi, mereka akan mendapatkan voucher yang dapat diisi ulang,” kata Aditya dikutip dari kompas.com, menambahkan bahwa mereka selalu mengevaluasi aplikasi dan mengenakan biaya per jam untuk penyewaan sepeda.

Salah satu penggagas Jogjabike Muhammad Aditya menyampaikan banyak kota di Indonesia mengalami masalah mengenai kemacetan dan polusi.

Dengan begitu, tren smart city, tren teknologi pihaknya ingin menghadirkan sepeda sebagai alternatif berwisata di Yogyakarta. Bentuknya adalah dengan bike sharing menggunakan aplikasi smartphone

JogjaBike bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Yogyakarta dan menurunkan tingkat polusi serta kemacetan lalu lintas. “Itu semua dibuat di Indonesia, dari sepeda hingga aplikasinya,” kata Aditya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top