Wiranto Memimpin Sembilan Watimpres Jokowi - strategi.id
Nusantara

Wiranto Memimpin Sembilan Watimpres Jokowi

strategi.id - Siapakah Dalang Kerusuhan 22 Mei 2019? Ini Jawaban Menteri Polhukam

Strategi.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) hari ini pada pukul 14.30 wib yang berlangsung di Istana Kepresidenan pada Jumat (13/12/19).

Anggota watimpres ini mewakili dari berbagai unsur dari kalangan politikus, pengusaha, hingga ulama.

Berikut ini daftar nama Wantimpres:

  1. Sidharto Danusubroto (PDIP)
  2. Wiranto (eks Menko Polhukam)
  3. Arifin Panigoro (pengusaha)
  4. Agung Laksono (Golkar)
  5. Putri Kuswisnu Wardani (pengusaha)
  6. Dato Sri Tahir (pengusaha)
  7. M Mardiono (PPP/pengusaha)
  8. Habib Luthfi bin Yahya (Ulama)
  9. Soekarwo (eks Gubernur Jatim)

“Ini kan di bidang masing-masing, ada berkaitan dengan sosial, keagamaan, Habib Luthfi, ekonomi misalnya Pak Dato Tahir, misalnya berkaitan dengan ekonomi kecil Bu Putri, ini campur-campur,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/19).

Ada total sembilan anggota Wantimpres yang dilantik Jokowi. Mereka memiliki latar belakang politikus, pengusaha, hingga pernah berkarier di militer.

“Tentu saja urusan rekam jejak, pengalaman di bidang masing-masing, urusan kapabilitas, integritas, saya kira semua. Dan beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden, baik diminta maupun tidak diminta,” kata Jokowi.

Anggota watimpres itu sendiri dipimpin oleh Wiranto merangkap sebagai anggota yg jg mantan menko pada kabinet Jokowi sebelumnya.

“Mengangkat saudara Wiranto sebagai ketua merangkap anggota,” demikian bunyi petikan Keppres yang dibacakan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Setelah pembacaan Keppres, para anggota Wantimpres diambil sumpahnya. Jokowi memimpin langsung pengucapan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, kerja sebaiknya-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi diikuti anggota Wantimpres yang dilantik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top