Wisata Alam di Wonogiri Yang Wajib Kamu Kunjungi – strategi.id
Nusantara

Wisata Alam di Wonogiri Yang Wajib Kamu Kunjungi

jateng live event

Strategi.id – Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak tak jauh dari Sukoharjo. Walaupun tempat wisata di Wonogiri masih kalah populer dengan tempat wisata di kota-kota lain, tapi tempat wisata di Wonogiri juga tak kalah keren dari kota-kota lain, terutama wisata alamnya! Wonogiri terkenal dengan sebutan Kota Gaplek. Untuk kamu yang akan berlibur ke Wonogiri, ini dia tempat-tempat wisata di Wonogiri yang wajib dikunjungi.

1. Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia merupakan sebuah museum yang memberikan gambaran kehidupan zaman purba dahulu kala. Di dalamnya terdapat beraneka ragam ornamen – ornamen yang dibuat sedemikian rupa yang menggambarkan sebuah kehidupan purba pada masyarakat sekitar. Dan pada Museum Karst Dunia juga terdapat gambar bermacam bebatuan yang menjadi ciri khas karst dengan bentuk unik dan indah.

Alamat: Gebangharjo, Pracimantoro, Gebangharjo, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

2. Museum Wayang Kulit Indonesia

Museum Wayang Indonesia memiliki banyak koleksi wayang, bukan hanya wayang yang berasal dari daerah Jawa Tengah namun tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali. Jumlah koleksi yang dimiliki oleh  Museum Wayang Indonesia sebanyak 200 buah wayang kulit purwa, wayang golek, wayang Bali, wayang klitik, wayang suket (rumput), wayang beber dari Bali, topeng, dan bakalan wayang.

Alamat: Jl. Raya Wuryantoro, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

3. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Wonogiri juga memiliki tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole. Tempat ini tepatnya berada di bukit Desa Sendang, Arena papan luncur ini juga sudah biasa digunakan oleh atlet gantole serta paralayang tingkat jawa Tengah. Ada 2 tingkat ketinggian bukitnya, yakni ketinggian 200 meter dan 400 meter. Bagi anda yang ingin mencoba olahraga Gantole ini dapat langsung segera datang ke Wonogiri.

4. Alas Kethu Wonogiri

Alas Kethu juga layak dijadikan tempat wisata, karena hutan ini memiliki panorama alam yang tak kalah menarik dengan hutan-hutan yang ada di Benua Eropa, cocok dijadikan latar belakang foto bagi Anda yang gemar hunting photography bertemakan alam.

5. Bukit Cumbri

Bukit cumbri terletak di perbatasan jawa timur dan jawa tengah, pemandangan di bukit ini memang sangat memanjakan mata siapapun yang memandangnya, terdapat sebuah batu di tebing bukit yang menjadi ciri khas bukit Cumbri ini, terlebih lagi jika pengunjung datang disaat waktu yang tepat, karena menyajikan pemandangan yang luar biasa indah, sekejab bukit cumbri menjadi destinasi populer di wonogiri.

6. Air Terjun Jurug Kemukus

Air Terjun Jurug Kemukus menyajikan pemandangan air tejun tiga tingkat. Tingkat paling atas, memiliki tinggi sekitar 30 meter yang diapit oleh tebing curam bebatuan yang tinggi dan terjal, sehingga angin disertai uap air berembus kencang menembus celah tebing.

Pada air terjung di tingkat kedua dan ketiga, masing-masing air terjun memiliki tinggi kurang lebih sekitar 40 meter. Air terjun kedua dan ketiga ini juga diapit oleh tebing sungai yang menyajikan penorama alam mempesona.

7. Istana Parnaraya

Sebuah bangunan berdesain mirip istana negara didirikan di Desa Kebonagung, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Bangunan itu diberi nama Istana Parnaraya. Rupanya penamaan itu disesuaikan dengan nama penggagas dan pemilik ‘istana’. Bangunan megah tersebut akan diberi nama Istana Parnaraya.

8.  Telaga Claket Wonogiri

Dikelilingi oleh bukit-bukit, Telaga Claket ibarat seperti surga yang tersembunyi dan masih natural dan alami menyatu dengan alam. Suasana hening bernafaskan hembusan angin sejuk yang membawa pengunjung merasa nyaman duduk di area Gazebo telaga, sebelum turun ke telaga anda bisa santai di Gazebo tersebut sebelummengambil gambar moment teristimewa di telaga.

9. Telaga Rowo Batuwarno

Objeck wiasat di wonigiri selanjutnya adalah wisata telaga rowo batuwarno. Disini wisatawan bisa menikmati permainan sepeda air, mencicipi nikmatnya wisata kuliner, wisata terapi zona, wisata pemancingan dan sentra furniture.

Lokasi telaga rowo ini berada di daerah Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno. Objek wisata ini sangan diperhatikan oleh pemerintah setempat, terutama dari kecamatan Batuwarno yang meeresmikan dan melengkapi fasilitas yang ada untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya.

10. Bukit Soko Gunung

Kabupaten Wonogiri adalah sebuah puncak bukit setinggi 780mdpl (meter dari permukaan laut) yang dijadikan sebagai tempat wisata. Wisata Puncak Menara Pandang Soko Gunung merupakan tempat yang potensial untuk dijadikan tempat wisata karena lokasinya yang lebih tinggi dari dua pucak lainnya yaitu Puncak Gantole1 dan Puncak Gantole2. Karena potensi tersebut warga sekitar berinisiatif menjadikan Puncak Soko Gunung sebagai objek wisata dengan mendirikan Menara Pandangdari kayu dan bambu yang di anyam dan dibentuk sedemikian rupa.

11. Watu Cenik

Objek Wisata Panorama Watu Cenik adalah salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan pemandangan perbukitan seribu dengan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian sebuah bukit. Nama Watu Cenik sendiri berasal dari watu yang berarti batu dan cenik yang berarti nampak kecil, jadi bisa diartikan sebagai batu ya g terlihat kecil ya meskipun batunya juga lumayan besar degan diameter satu meter dan tinggi sekitar satu setengah meter.

12. Bukit Soko Langit

Desa Wisata Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri semakin menggeliat. Salah satu obyek wisata andalan di desa tersebut adalah puncak Bukit Soko Langit di Dusun Nglarang, Desa Conto. Selama libur lebaran, obyek wisata itu ramai dikunjungi wisatawan. Mereka ingin merasakan sensasi wahana yang digelar di perbukitan dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut (dpl) tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top